Wabup Aceh Selatan Buka Kegiatan Sosialisasi Regulasi Peraturan Gampong

0
87

TAPAKTUAN, BrataPos.com – Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran buka acara sosialisasi Regulasi Peraturan Gampong Menuju Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat tahun 2019. Acara yang bertempat di Lantai dua Gedung DPRK Aceh Selatan, Sabtu (23/03/2019).

Acara tersebut dihadiri, Sekda H. Nasjuddin, SH, MM, Ketua DPRK, T. Zuhelmi, Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Kav. Herlambang Sulistya, Kapolres Aceh Selatan, AKBP, Dedi Sadsono, ST, Dirjen PMD Departemen Dalam Negeri Saudma Sihombing, DPMG Provinsi Aceh, Dra, Jasniwar (sebagai pemateri), Kabag Pemerintahan, Setdakab Aceh Selatan, Zulkarnaini, S.STP,, M. Si, Kabag Humas Setdakab Aceh Selatan, Masriadi, S. STP, M. Si, para Camat, Imum Mukim, dan seluruh Kheucik (Kades) se-Aceh Selatan.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam pidatonya mengatakan, Pembangunan gampong secara konseptual mengandung makna sebagai proses, dimana usaha-usaha dari masyarakat gampong terpadu dengan usaha-usaha dari pemerintah.

Domain pembangunan desa, juga tidak terlepas dari wacana tentang model perencanaan pembangunan, yaitu dari atas ke bawah (top down planning) dan dari bawah ke atas (bottom up planning).

Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Arah kebijakan penanggulangan kemiskinan. Langkah yang di tempuh untuk melaksanakan program ini tidak berbeda dengan peraturan yang sebelumnya.

Terdapat penekanan, pada strategi percepatan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan dengan mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin.

Selain itu, juga mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, menyinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.

IMG-20190323-WA0047

Dalam kebijakan-kebijakan yang secara eksplisit bertujuan, untuk menanggulangi kemiskinan. Pemerintah melalui perpres ini memiliki empat strategi dasar dalam melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Yakni menyempurnakan program perlindungan sosial, peningkatan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan yang inklusif.

Program pengembangan pemberdayaan masyarakat gampong ini, bertujuan untuk meningkatkatkan partisipasi peran serta, dan keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, serta pemeliharaan dan pelestarian hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan.

“Juga mendayagunakan potensi dan sumberdaya lokal dalam pembangunan. Mendorong perkembangan sistem pembangunan yang partisipatif, serta meningkatkan dan terpenuhinya sarana dan prasarana ekonomi, sosial dan sarana pendukung lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” pungkas Wabup.

Reporter : asmar endi
Editor : jas
Publisher : redaksi

Facebook Comments