Sidang Paripurna Penyampaian Nota Pengantar (RPJMD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2018-2023

0
49

SIDIMPUAN, Bratapos.com – Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj Taty Aryani Tambunan, SH memimpin rapat sidang paripurna penyampaian nota pengantar Rancangan Pembangungan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Padangsidimpuan Tahun 2018-2023 di Gedung Paripurna DPRD kota Padangsidimpuan, Selasa (19/3).

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dalam penyampaian nota pengantarnya  menyampaikan, kepala daerah mempunyai tugas menyusun dan merancang RPJMD dan menetapkan RKPD paling lambat enam bulan setelah kepala daerah dilantik sesuai pasal 264.

“Untuk kurun waktu lima tahun kami telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang dilaksanakan Organisasi Perangkat Daerah secara holistik dan terintegrasi yaitu Padangsidimpuan Berkarakter, Bersih , Aman dan Sejahtera,” tegas wali kota.

Usai penyampaian pengantar RPJMD, Wali Kota Irsan didampingi Wakil Walikota dan Sekda menyerahkan nota pengantar kepada Ketua DPRD untuk  dibahas dirapat-rapat selanjutnya, mendengarkan pandangan fraksi-fraksi DPRD Kota Padangsidimpuan.

Pandangan masing-masing fraksi disampaikan oleh, Ali Hotmatua Hasibuan dari Fraksi PDI Perjuangan, Marataman Siregar dari Fraksi Hanura, Zul Akhir Harahap dari Fraksi PKB, Ahmad Marzuki Lubis dari Fraksi Golkar, Erwin Sinaga dari Fraksi Gerindra, Timbul P Simanungkalit dari Fraksi PAN, Irpan Harahap Fraksi Demokrat, Parsaulian Lubis dari Fraksi Gabungan Bulan Bintang Bersatu.

Sesuai agenda, wali kota yang telah dijadwalkan untuk menjawab pandangan dari fraksi pada malam harinya Pukul 20.00 WIB menjawab satu persatu atas pandangan delapan fraksi di DPRD.

“Setelah membaca, menelaah seluruh pandangan fraksi. Kami menjumpai Ali Hotmatua  bahwa dalam dokumen RPJMD arah strategi 5 tahun kedepan kita bentuk berdasarkan visi-misi kami pada saat pencalonan dulu,” katanya.

Selanjutnya Irsan, juga menjawab pandangan  H Marataman Siregar dari Fraksi Hanura, menyangkut berbagai saran mengenai strategi pemerataan infrastruktur, strategi melalui pemel jalan, jembatan, drainase.

“Penentuan target indikator daerah, kami menyesuaikan strategi visi misi BERSINAR antara lain peningkatan pendidikan sarana prasarana, pelayanan kesehatan, keagamaan,” ujar wali kota.

Sambung wali kota, juga menambahkan, terkait pergantian Kepala Lingkungan dibeberapa Lingkungan yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Mengenai pergantian Kepala Lingkungan harus kami lakukan karena ada beberapa Kepala Lingkungan yang telah wafat dan mengundurkan diri. Namun semua telah dijalankan sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” sebutnya.

Usai mendengar jawaban Walikota atas pandangan fraksi, Ketua DPRD Taty membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas RPJMD Kota Padangsidimpuan Tahun 2018-2023.

Dalam hal itu, Khoiruddin Nasution pun ditunjuk sebagai Ketua Pansus, dan Erwin Nasution sebagai Wakil Ketua. Sedangkan untuk anggota adalah  Ali Hotmatua, Gunawan Simbolon, Marataman Siregar, Mahmudin Nasution, Ahmad Marzuki Lubis, Erwin Muda Sinaga, dan Indar Sakti Tanjung.

Reporter : Iwansumadi

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

Facebook Comments