Mengenali kecenderungan Siswa

0
133

PATI , Bratapos.com – Di wilayah kabupaten pati banyak orang tua yang masih bingung tentang kelanjutan studi anaknya yang sudah lulus SMA” Oleh Karena itu, Saat ini masih mencari Universitas perguruan tinggi yang terbaik, Kamis (14/3).

Demikan juga anaknya, jika orang tua sudah menentukan tapi kadang yang menjalani tidak mau.” Inilah suatu dilema dalam menentukan kebijakan dalam berbeda pendapat dan keinginan.

Akan tetapi yang harus mereka ketahui sekali keputusan yang dipilih jangan bimbang atau ragu untuk menjalaninya.” bahkan jangan bilang tidak tahu untuk memilih jurusan apa di Perguruan Tinggi.

Selain mempertimbangkan bakat, minat dan kemampuan, serta prospek masa depan, maka ada baiknya kalau orang tua mengarahkan anaknya sesuai dengan kepribadian yang dimiliki sehingga tidak ada istilah salah jurusan dan tidak minat menekuni jurusan yang telah diambil.

Teori dari Myers Briggs Indicator Instrument atau yang dikenal MBTI tentang manusia dengan type kepribadian mereka, mungkin dapat dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan di Perguruan Tinggi.

diantaranya seperti berikut:

  1. Realistic mungkin cenderung memilih lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin, benda, binatang atau tanaman. Jurusan yang tepat adalah teknik mesin, Teknik Elektronika, Komputer, Teknik Sipil, Teknologi Pertanian , Perikanan, Farmasi atau otomotif.

2 . investigative yaitu cenderung memilih pekerjaan yang bersifat akademik, dan mengatasi problem solving. Jurusan yang tepat untuk kepribadian ini adalah Kimia, Fisika, Gizi, Biologi,Desain, Periklanan, Kriminologi.

3 .Artistic suatu orang dengan kepribadian ini cenderung tidak berhubungan langsung dengan orang lain, sukar menyesuaikan diri, mereka lebih suka menginterprestasikan suatu pekerjaan dalam bentuk artistic, melalui cita, rasa, perasaan dan imajinasi. Jurusan yang tepat bagi orang dengan kepribadian ini adalah Seni, Desain Komunikasi Visual, Arsitektur.

4 . Social , cenderung memilih pekerjaan yang bersifat membantu orang lain dan berhubungan dengan orang banyak. Orang ini cenderung pandai bergaul dan berbicara, tanggung jawab, kemanusiaan dan religius. Jurusan yang tepat adalah Psikologi, Bimbingan Konseling, Komunikasi, Sosiologi.

5 . Enterprising , merupakan orang yang ambisius, berjiwa pemimpin tegas, mudah mengerti, suka mempengaruhi yang positif. Jurusan yang tepat adalah Manajemen, Bisnis, Komunikasi, Hubungan Internasional.

6 .Conventional adalah orang yang menyukai kerja dengan data yang detail, dapat diandalkan dalam bidang administrasi , terorganisasi, dan akurasi yang tinggi. Jika ini yang jadi kepribadiannya, maka jurusan yang cocok adalah Akuntansi, Statistik, Ekonomi, Administrasi atau yang berhubungan dengan Sistem Informasi.

Dengan melihat 6 type Kepribadian ini,mari introspeksi mana jurusan yang sesuai untuk dipilih.

Ingat juga bahwa keberhasilan dan kesuksesan seseorang juga ditentukan oleh usaha, doa dan selalu belajar berinovasi dengan melihat perkembangan zaman”, tegas Mujiannie S.Pd, M.Si Guru BK SMA Negeri 3 Pati

Reporter : sholihul hadi

Editing : zai

Publisher : Redaksi

Facebook Comments