by

LSM LPB Mendorong Diknas, Segera Direhab Gedung SMPN 1 Menganti

GRESIK, BrataPos.com – Runtuhnya atap gedung sekolah SMP Negeri 1 Menganti. Membuat semua pihak mendorong Dispendik Gresik, segera melakukan rehab.

Seperti yang dilontarkan Novantoro, Ketua LSM Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB). Pihaknya, menanggapi kejadian gedung sekolah SMPN 1 Menganti yang ambruk. “Dirinya mendorong, untuk segera dilakukan rehab,” pintanya. (12/3/2019)

Pihaknya juga, memberi aplus pada Diknas. Ia menganggap, Diknas tanggap tentang kejadian ini.

“Sehingga dunia pendidikan di Kota Giri ini, khususnya di Kecamatan Menganti, akan bertumbuh berkembang dan lebih baik,” katanya.

Lanjut Novan, dengan kejadian ini, kedepan tidak ada lagi seperti ini. Pihaknya meminta segera direalisasi.

Karena itu sangat penting untuk belajar mengajar. Sehingga sekolah-sekolah yang lainnya, tidak akan terjadi hal yang serupa.

“Kejadian ini faktor alam, karena gedungnya sudah tua. Ini bukan karena lambat untuk direhab. Namun itu harus sesuai dengan prosedur, ada tahap-tahapan,” jelasnya.

Zakariya, Kepala Sekolah mengatakan. Atap genting dan kayu yang ambruk di 3 ruangan, dibiarkan tergeletak di dalam kelas. Pihak sekolah tidak berani, memindahkan barang-barang yang ada di dalam kelas.

“Karena kwatir langkahnya dianggap salah. Pasalnya barang tersebut menyangkut aset negara,” katanya, (12/3/2019).

Sementara, lanjut Zakariya anak-anak di tempatkan di ruang aula untuk belajar mengajar.

“Namun bila ada rapat, kami menggunakan fasilitas masjid. Pasalnya ruang aula sudah di sket menjadi 3 ruang,” jelasnya.

Pantauan BrataPos.com. Atap gedung 3 kelas itu runtuh. Pecahan genting berceceran di lantai. Terlihat pula kayu-kayu berserakan di sekitar pecahan genting di dalam ruang.

Pada bagian atap yang masih kokoh, terlihat plafon retak dan bolong. Sebagian kayu penopang atap patah.

Tidak ada aktivitas belajar-mengajar di ruangan kelas. Terlihat meja dan kursi yang berserakan. Lantai kelas tampak kotor dipenuhi genteng, kaca dan kayu.

Reporter : jml
Editor : nr
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA