by

Welirang Komuniti, Relawan Jalur Tengkorak Pacet – Cangar Yang Bertaruh Nyawa

 

Mojokerto. Bratapos.com –  Jalur Pacet Mojokerto menuju Cangar Kota Batu berjarak 25 Km. Jalur ini sebagian pengemudi menyebutnya jalur tengkorak. Pasalnya jalannya berbelok belok, tanjakan tajam dan curam. Jika tidak ada petugas yang menjaga kawasan tersebut, bisa jadi terjadi kecelakaan setiap hari.

Ya, jalur provinsi  ini memang masih menjadi idola bagi pengendara umum dan pribadi. Mengingat, dari arah Batu menuju Mojokerto jaraknya relatif dekat. Selain itu jalur ini juga terhindar dari kemacetan.

Saat ini, kawasan tersebut boleh dibilang minim kecelakaan. Sebab, ada relawan sosial dari Welirang Komuniti menjaga kawasan tersebut 24 jam. Relawan yang berdiri tahun 2014 namun baru berbadan hukum tahun 2016 setiap hari eksen dilapangan. Kegiatan mereka murni kemanusiaan, tidak ada tendensi lainnya.

Ketua Welirang Komuniti Nuruddiyan Kholiq mengatakan, semua kegiatan relawannya berorentasi ke sosial murni. Bahkan untuk kegiatan kegiatan kemanusian dilapangan, anggotanya harus mengeluarkan iuaran pribadi.

” Kita gak pernah mengandalkan donatur dalam setiap aksi dilapangan. Seperti saat anggota brangakat ke Lombok untuk membantu masyarakat disana, ya dari kantong pribadi. Dan pekerjaan ini gak pengen dihargai siapapun, hanya Allah yang akan membalasnya nanti,” terang Nurud, jum’at 1/2/2019.

Nurud juga menambahkan, sejauh ini relawannya membuat pos pos diseputaran jalur tengkorak antara Cangar – Pacet. Saat ini, jalur tersebut boleh dibilang minim kecelakaan.

Relawan juga bertaruh nyawa, pada saat menolong mobil yang mengalami rem blong. Mereka bergerak cepat, mengambil tumpukan sekam yang disiapkan ratusan karung di jarur curam.

” Dulu hampir setiap hari ada kecelakaan mas, dari rem blong sampai tabrakan. Namun berkat ketekunan anggota kita dilapangan, saat ini laka bisa ditekan. Karna disetiap tikungan kita pasang rambu rambu dan alat pengaman dari sekam. Selain itu, kita juga pasang beberapa himbauan untuk pengendara disetiap sudut jalan tikungan,” tambah Nurud.

Pantauan  Brarapos saat melintas dikawasan itu sangat licin saat musim hujan tiba. Untuk itu, penge dara diharap waspada saat melintasi kawasan hutan Pacet – Cangar.

Ketua Umum Welirang Komuniti Nuruddiyan kholiq
Ketua Umum Welirang Komuniti Nuruddiyan kholiq

Reporter : Ammiruddin / Ardian

Editor : Jamal S

Publish : Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA