Ditahun 2019, Dinas PU Sumber Daya Air Sumenep Dapat DAK Lebih Kecil Dari Tahun Sebelumnya

0
223

SUMENEP, BrataPos.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Sumenep, Madura pada tahun ini mendapatkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 8,3 miliar.

Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Karna besar dan kecilnya DAK setiap tahun disesuaikan dengan kebutuhan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), meskipun tidak semua OPD mendapatkan DAK.

“Tahun ini kami dapat DAK Rp 8,3 miliar. Tahun sebelumnya pernah dapat Rp 20 miliar selama dua kali, kemudian Rp 9 miliar dan tahun ini Rp 8 miliar,” kata Kepala Dinas PU SDA Eri Susanto, Sabtu (26/1/2019).

DAK pada tahun ini diprioritaskan untuk pembangunan irigasi. Kalau pembangunan infrastruktur lain sementara akan menggunakan APBD, seperti pembangunan tangkis laut.

“Untuk DAK kami alokasikan untuk irigasi, baik di daratan maupun di kepulauan,” jelasnya.

Perlu diketahui, DAK merupakan dana perimbangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan kepada daerah. Tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Reporter : zain/znr

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

Facebook Comments