Dinas Koperasi UMKM, Gelar Sosialisasi Informasi Permodalan Koperasi

by
IMG-20190123-WA0101

TANGERANG, BrataPos.com – Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Tangerang, melalui kegiatan Sosialisasi dukungan informasi permodalan Koperasi dan Usaha Mikro, serta cara pengajuan Dana Bergulir pada Koperasi diikuti para pengurus Koperasi dan UMKM serta Masyarakat, Rabu (23/1/2019) di Aula Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang – Banten.

Menurut Kasubag Tata Usaha (TU) KUMKM Kabupaten Tangerang Tri Samiharto menerangkan bahwa, masyarakat yang akan meminjam dana modal usaha harus melengkapi data pribadi yang ada termasuk jaminannya.

“Dengan data yang diterima, maka kami akan melakukan survey lokasi sesuai data yang ada untuk mengetahui kebenarannya,” terangnya.

Masih Tri Samiharto mengatakan dengan melakukan survey lokasi itu sudah prosedur.

“Maka dana pinjaman modal akan diberikan setelah semuanya memenuhi syarat, bahkan itupun dilihat data yang jelas,” tuturnya.

Selain itu Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, Tri Samihato mengungkapkan dalam pemberian pinjaman pemodalan tersebut.

“Pihaknya akan menggulirkan dana pinjaman besarannya 25 Juta sampai 50 jutaan untuk modal usaha kecil mandiri itupun sesuai jaminan yang ada,” tuturnya.

IMG-20190123-WA0095

Lanjut Tri Samiharto menandaskan dalam segi permodalan dalam bentuk pinjaman yang akan digulirkan ada suku bunganya.

“Suku bunga hanya 8% dari berbagai jumlah uang yang dipinjam, semakin lama semakin kecil suku bunga tersebut,” tandasnya.

Dalam kesempatannya Camat Curug Rahyuni mengatakan sangat mengapresiasi pada upaya koperasi dalam permodalan usaha kecil dan menengah.

“Karena pengusaha kecil yang harus didukung dalam permodalan, inipun salah satu pencegahan berhubungan dengan Rentenir,” pungkasnya.

Hal inipun ditanggapi Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Rispanel Arya mengungkapkan dalam permodalan dana bergulir tersebut.

“Dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk usaha. Karena ini sangat membantu sekali adanya dana bergulir yang sistemnya mudah dan kecil dalam suku bunganya, apalagi sekarang masyarakat banyak yang mudah tergiur oleh rentenir yang memakai suku bunga membesar,” paparnya.

Reporter : soleh

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

Facebook Comments