Siswa Kelas V Dan VI SDN Medang, Dapat Penyuluhan Alat Reproduksi

0
166

TANGERANG, BrataPos.com – Penyuluhan Kesehatan Alat Reproduksi kepada anak kategori Remaja, oleh Dr Gigi Arisa dari Puskesmas Pagedangan, Jumat (18/1/19) di SDN Medang, Pagedangan Kabupaten Tangerang – Banten. Membuat kebanggaan tersendiri.

Menurut Arisa dalam penyuluhannya mengatakan, bahwa kesehatan reproduksi pada anak sekolah dasar sangat berarti.

“Khususnya kelas V dan VI SDN Medang, kami melakukan penyuluhan pada anak yang sudah merasakan menstruasi pada perempuan dan mimpi basah pada laki-laki. Dimana mereka harus diberikan edukasi sex untuk menjadi hidup sehat dan mandiri,” katanya.

Puskesmas Pagedangan melakukan penyuluhan masalah kesehatan reproduksi. Arisa menyampaikan, ini adalah program dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas.

“Pihaknya bersama bidang promkes sering kali melakukan penyuluhan pada anak-anak pelajar, dari SD, SMP, SMA/SMK. Dimana mereka sudah merasakan menstruasi dan mimpi basah, sehingga dikatakan masa remaja,” terangnya.

Disamping itu peran serta pendidikan alat reproduksi pada anak sekolah dasar. Arisa menjelaskan, bukan saja dari puskesmas, namun dari dukungan dewan guru dan orang tua siswa.

“Dimana siswa yang sudah merasakan menstruasi dan mimpi basah, si-anak itu sudah masuk masa remaja,” jelasnya.

IMG-20190118-WA0053

Selain itu, Dr Arisa juga mengutarakan. Orang Tua harus membantasi anak dengan gajet.

“Tentunya dengan pendidikan sekolah dan di rumah harus seimbang. Dimana perhatian dari keduanya sangat dibutuhkan, sehingga si anak ini merasa diperhatikan seperti teman dan keluarga dan tidak merasa malu-malu,” ucapnya.

Sementara Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan melalui Konseling pada anak setiap hari Rabu dan Kamis.

“Kami siap melayani anak remaja pada saat konseling dengan didampingi dewan guru maupun orang tuanya. Diharapkan anak-anak lebih menjaga reproduksinya dan bisa menjaga dirinya dengan mandiri,” Papar Dr Gigi Arisa yang didampingi Komite SDN Medang Serta Dewan Guru SDN Medang itu.

Hal inipun ditanggapi Kepala Sekolah SDN Medang H Nabani mengapresiasi kegiatan penyuluhan ini dapat memberikan wawasan tentang kesehatan pada anak.

“Dengan kegiatan ini sekolah sangat mendukung. Dimana peran serta dewan guru dan komite menjadikan acara ini sukses, tentunya pada tim medis yang sudah memberikan penyuluhan, kami mengucapkan terimaksih,” tandasnya.

Reporter : soleh

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

Facebook Comments