by

Pemdes Babadan Salurkan Anggaran DD / ADD Untuk Infrastruktur Desa

NGAWI, BrataPos.com- Kepala Desa Babadan Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, Sunaryo didampingi Ketua TPK Tim Pelaksana Kegiatan Desa Bidang Infrastruktur, salurkan Anggaran Dana Desa DD dan Dana Alokasi Desa (ADD) untuk program PKT dengan bertujuan untuk melaksanakan amanah Peraturan Pemerintah Mendasar kepada Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Program Padat Karya Tunai sasarannya ditujukan pada, 1). Anggota keluarga miskin, 2). Pengangguran, 3). Setengah pengangguran, 4). Anggota keluarga dengan gizi buruk sesuai sasaran Padat Karya Tunai yaitu, a). Laki-laki dan perempuan berusia 15 tahun dibuktikan oleh Fotocopy KTP, b). Penduduk desa setempat dibuktikan oleh Fotocopy KTP, c). Penganggur dan setengah penganggur dibuktikan dengan daftar pengangguran dan setengah pengangguran tiap RT dan RW, d). Anggota keluarga miskin, dibuktikan dengan masuk data BKKBN sebagai Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera I (KS-I), e). Anggota keluarga yang memiliki anak balita batita gizi buruk, dibuktikan dengan daftar keluarga dengan mempunyai anak balita batita bergizi buruk tiap RT dan RW. Sedangkan Upah sesuai dengan petunjuk, untuk tukang Rp. 80.000,- per hari dan pekerja Rp. 70.000,- per hari.

Dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari minimal meringankan beban mereka atau membantu atas semua kebutuhannya dengan cara saling bergantian kerja di proyek ini dimulai jam 07.30 sampai jam 16.00.

Menurut Sunaryo Program ini bisa terwujud karena berkolaborasi, bekerjasama, bersinergifitas, di semua elemen masyarakat setempat semua sektor, Alhamdulillah di Desa Babadan bisa mewujudkan hal tersebut diatas membudayakan hidup rukun kebersamaan, hidup in toleransi yang utama hidup bergotong royong dengan lingkungan warga baik tingkat RT maupun Dusun di tingkat warga desa kami selalu membudayakan budaya kabersamaan kerukunan kekompakan, persatuan dan kesatuan warga desa aman damai cinta terkendali ini yang paling pokok.

Ketika disinggung tentang harapan kedepan apa yang diharapkan oleh warganya melalui orang no 1 di Desa Babadan, Sunaryo mengatakan, akan menggali mencari jalan terobosan untk menjemput semua program yang telah direncanakan yaitu Desa yang mandiri berkarya berusaha untuk Desa yang lebih baik yaitu melalui program-program peningkatan mutu perekonomian rakyat dengan melalui mencari terobosan untuk memperbaiki di wilayah pengairan seperti adanya embung Kuniran embung Manisharjo dan Sumbersari embung Hargosari Kecamatan Sine dan banyak hal yang lain sebagai penunjang pendapatan Desa PAD.

Disisi lain untuk penumbuhan pengembangan perekonomian para petani sayur mayur di bawah wilayah itu. Mudah-mudahan di Desa Babadan ini ada celah untuk membangkitkan para kelompok tani, yaitu para petani sapi, kambing, ayam, kelinci Australi, budidaya ikan lele dan banyak yang lain. Sehingga dengan adanya program inovasi desa juga akan diwadahi oleh di Lembaga Badan Usaha milik Desa. Regulasi Badan Usaha milik Desa untuk mendorong para pengusaha mikro dan para petani agar bisa menumbuh kembangkan dengan Program Badan Usaha milik Desa. Jadi Desa berinovasi Desa Babadan menuju perbaikan dan berkarya di semua aspek dan elemen masyarakat untuk hidup artinya berinovasi. Mudah-mudahan menjadi Desa yang sejahtera tidak lepas dengan program PKT tersebut diatas, minimal meringankan beban sehari-hari mereka.

Ini harapan saya kedepan ya kita harus berkarya berikhtiar melalui program-program yang ada di Pemerintah Ngawi dari mengembangkan Wisata Desa, bertani, membuat peternakan, budidaya ikan dan kerajinan-kerajinan yang lain yang bisa ekspor dan impor desa. Maka saya menghimbau kepada seluruh warga Desa Babadan pintu terbuka untuk saling berkoordinasi untuk membangun di semua sektor di desa kita. Ya itu pentingnya mas kekompakan kerukunan kebersamaan. Mudah-mudahan Insya Alloh harapan saya kedepan menjadi Desa Baldatun Toyibatun Wa Roffun Gofur. Aminn. pungkas Sunaryo.

Reporter              : Zainal

Editor                   : Nurdiana

Publisher            : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA