Pilkades Serentak Kota Batu Digelar Desember, Polres Siapkan Tim Saber Judi

by
IMG-20181122-WA0060

BATU, BrataPos.com – Penyelengaraan Pemerintahan Desa merupakan bagian terpenting Dalam upaya untuk mensukseskan visi dan misi Walikota Batu Dewanti Rumpoko yaitu Desa Berdaya Kota Berjaya.

Ada tiga desa di kecamatan Junrejo Kota Batu yang akan melaksanakan pilkades serentak yang akan digelar pada tanggal 16 Desember 2018 nanti. Yakni, Desa Pendem dengan empat calon, Desa Tlekung dua calon dan Desa Mojorejo tujuh calon. Khusus untuk desa Mojorejo akan diambil 5 calon, sesuai kententuan. Sehingga akan ada dua calon yang akan dieliminir melalui ujian seleksi.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kota Batu Komisi A, Sudiono. Menurutnya, pilkades adalah wadah untuk memilih kwalitas dan sumberdaya yang memadai. Karna setiap pemimpin desa mutlak dibutuhkan dan sebagai ujung tombak pemerintahan.

“Salah satu upaya  untuk menghasilkan pemimpin desa yang berkwalitas  hanya dapat dilakukan melalui proses yang dapat dipertanggungjawabkan secara yuridis. Dana penyelenggaraan pilkades sebesar Rp.85 juta setiap desa,” terang anggota Fraksi PKB ini.

IMG-20181122-WA0061Dengan mempertimbangkan aspek strategis yang lainnya, lanjut dia, pemerintah daerah telah merumuskan tahapan pelaksanaan pilkades sesuai regulasi. Antaranya,  ujian bagi calon kepala desa. Mengingat hal tersebut juga bisa dipandang sebagai bagian dari wujud menciptakan akuntabilitas kepada publik.

“Jadi tahapan itu akan menghadirkan pemimpin di desa yang berkwalitas.  Oleh karena itu, mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar tanpa ada hambatan sampai pada pelaksanaan nanti,” harap Sudiono.

Sudiono juga menegaskan, bahwa DPRD tidak ada niatan sedikitpun untuk menghambat proses pilkades serentak dikota Batu. Karena hal tersebut adalah ranahnya eksekutif. Sebab, pikades adalah penyelenggaraan pemerintah,  maka harus memperhatikan azas kepastian hukum serta  melalui tahapan tahapan.

Ditempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Batu AKP, Anton Widodo, menanggapi datar perihal gelaran Pilkades serentak di Kota Batu. Sebab, Satuannya sudah mempersiapkan Tim Saber judi guna mengantisipasi kerawanan sosial di pilkades nanti.

“Iya kita akan siapkan tim saber judi,” tandasnya singkat. (Ardian)

Facebook Comments