Wow, Wisata Budaya Desa Bumiaji Juara 3 Se-Jawa Timur

0
377

BATU, BrataPos.com – Pesona wisata, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu layak mendapat acungan jempol. Kreatifitas para pemudanya, yang berkolaborasi dengan Pemerintah Desa membuahkan hasil.

Terbukti, Desa Bumiaji meraih penghargaan juara ke 3 se-Jawa Timur dalam katagori wisata Desa budaya Anugerah Wisata Jawa Timur 2018.

Acara penganugerahan digelar Pemerintah Provinsi Jatim di salah satu hotel di Surabaya pada Selasa (23/10/2018) malam. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko dan Kepala Desa Bumiaji Edy Suyanto

“Desa Bumiaji mendapat juara ke 3 katagori  wisata desa budaya. Saat ini Batu sebagai pemerintah Kota yang memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan kepariwisataan,” terang Imam Suryono, Plt Kepala Dinas Pariwisata rabu (24/10/18).

Desa Bumiaji, lanjut Imam diharapkan menjadi pemicu semakin tinggi dan cepatnya penangananan potensi pariwisata desa-desa lainnya. Mengingat Kota Batu memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik.

“Ke depan, kita akan terus sosialisasikan pada desa-desa lainnya. Karena upaya kreatif pariwisata itu bisa mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Khususnya masyarakat di sekitar destinasi wisata atau wisata desa setempat,,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan berpacunya desa wisata di Kota Batu, bakal menghadirkan nuansa wisata yang berbeda. Untuk itu, Pemkot Batu berkeinginan masyarakat berperan secara aktif dalam menyemarakkan pengelolaan seluruh wisata. Mengingat di Kota Batu sangat beragam, seperti wisata alam dan wisata buatan.

“Kalau sudah tertata bagus, nantinya wisata desa akan masuk salah satu usaha Bumdes. Kedepannya, wisata desa juga bisa langsung menggandeng agen-agen travel untuk menggaet para wisatawan. Dengan begitu, wisatawan yang datang ke Batu akan semakin banyak pilhannya,” harap pria yang berdarah Madura ini.

Sekedar diketaui, Pemberian Penghargaan dari Gubernur Jatim melalui Anugerah Wisata Jatim 2018 itu terdiri dari beberapa kriteria. Kriterianya meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, karya jurnalistik dan komitmen pemerintah daerah terhadap sektor pariwisata. (Ardian)

Facebook Comments