by

LSM LPB, Resmi Laporkan Kades Belahan Rejo

GRESIK, BrataPos.com – Berdasarkan No. 044/LSM-LPB/10/2018. Novantoro, TC selaku ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) resmi melaporkan Kepala Desa Belahan Rejo, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik ke Inspektorat Kabupaten Gresik di lantai III komplek Kantor Bupati Gresik Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas-Gresik. Kemarin, (22/10/2018).

Pelaporan tersebut adanya dugaan indikasi korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017.  Mereka datang sekitar siang dengan membawa bukti surat yang diterima oleh Pembantu III Inspektorat M. Kurniawan Eko Yulianto alias Wawan.

Novantoro, TC selaku ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) dirinya melaporkan sang Kades bermula adanya informasi dari masyarakat setempat dan setelah di kroscek oleh tim LSM LPB memang ditemukan beberapa titik pekerjaan yang tidak sesuai dengan besteknya dilihat dari Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Dari arsip laporan yang diterima media BrataPos.com Novantoro, TC selaku ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) meminta agar Inspektorat segera melakukan pemanggilan terhadap Kepala Desa Belahan Rejo, Kecamatan Kedamean untuk dilakukan pemeriksaan.WhatsApp Image 2018-10-22 at 18.27.30Berdasarkan arsip laporan, hasil investigasi LPB di Desa Belahan Rejo, Kecamatan Kedamaian terkait bantuan Dana Desa Tahun Anggaran 2017 pengerasan jalan lingkungan Rt. 09 Rw.03  Dusun Belahan Rejo senilai Rp. 23.500.000 fisik tidak ada (fiktif). Pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) jalan lingkungan Rt. 09 Rw.03 Dusun Belahan Rejo senilai Rp. 56.600.000 fisik tidak ada (fiktif).

“Rehab TPT (Tembok Penahan Tanah) jalan lingkungan Rt. 06 Rw.02 Dusun Belahan Rejo kami duga tidak sesuai dengan RAB. Pembangunan jembatan pertanian Dusun Sepat kami duga tidak sesuai dengan RAB,” katanya.

Pembantu III Inspektorat M. Kurniawan Eko Yulianto alias Wawan yang diminta keterangannya membenarkan bahwa LSM LPB yang beralamat Desa Kedanyang, Rt.02 Rw.01, Kecamatan Kebomas-Gresik melaporkan Kepala Desa Belahan Rejo, Kecamatan Kedamean.

“Sudah kami terima bukti dari LSM LPB terkait dugaan pengerasan jalan lingkungan Rt. 09 Rw.03  Dusun Belahan Rejo senilai Rp. 23.500.000 yang diduga fisik tidak ada (fiktif). Akan kami segera melakukan pemanggilan untuk dimintai keterangannya,” janjinya. (bersambung……jml)

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA