by

Dialog FKUB Junrejo, Indonesia Negara Paling Toleran Se-Dunia

BATU, BrataPos.com – Kegiatan dialog forum kerukunan umat beragama (FKUB) di kecamatan  Junrejo diikuti oleh perwakilan 6 agama se-Kecamatan Junrejo. Turut hadir  FKUB kota batu, Kepala kemenag, Muspika, para ulama, tokoh lintas agama.

Camat Junrejo M, Adhim dalam peryataannya menyampaikan, bahwa Indonesia merupakan negara paling toleransi se-dunia. Hal itu dibuktikan dengan diliburkannya semua hari raya dan hari besar 6 agama di Indonesia.

“Kita harus bersyukur dengan menjaga persatuan antar umat beragama. Era teknologi saat ini, bila tak diimbangi dengan pengetahuan agama, maka akan menjebak pada fanatisme. Jika fanatisme yang berlebihan, bisa menimbulkan perpecahan,” ungkap M, Adhim.

Era tehnologi, lanjut Adhim, bila tidak selektif dalam menyikapinya, akan juga menerima informasi hoax. Untuk itu, dirinya berharap FKUB harus mampu berpesan aktif dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama. Selain itu, FKUB  wajib aktif turun menyapa masyarakat di bawah dan melihat persoalan yang ada.

“Kami siap memfasilitasi setiap pertemuan pertemuan FKUB. Kami juga mengusulkan  minimal empat kali pertemuan dalam satu tahun. Kalau empat kali pertemuan kan banyak masukan dari anggota,” tambah Adhim.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batu Nawawi M, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut pria yang  baru 40 hari menjabat  ini, dialog FKUB itu sangat baik untuk kerukunan umat beragama.

“Alhamdulillah kegiatannya berlangsung guyup, kekeluargaan dan semua pihak merespon positif. Kami juga mengucapkan terima kasih pada Camat dan Muspika Junrejo yang sudah  memfasilitasi kegiatan tersebut. Bahkan pak camat sanggup membentuk kepengurusan FKUB Junrejo,” timpal pria yang akrab dengan wartawan ini. (Ardian)

REKOMENDASI UNTUK ANDA