Perangi Narkoba, Polres Batu Gelar Tes Urine Secara Mendadak

0
329

BATU, BrataPos.com – Akhir pekan ini Polres Batu disibukkan dengan dua agenda penting. Pemeriksaan Senjata Api dan tes urine bagi anggota Polres Batu. Wakil Kepala Polres Batu Kompol Zein Mawardi, A.Md bersama Kasi Propam Polres Batu menggelar tes urine.

Kegiatan itu dilakukan secara mendadak tanpa adanya pemberitauan. Sebanyak 36 anggota  yang teribat Operasi Bina Waspada mengikuti tes urine di ruang Rupatama Polres Batu.

Wakapolres dalam keterangannya menjelaskan, pelaksanaan tes urine ini sebagai langkah untuk mendeteksi lebih dini kepada anggota yang terindikasi memakai Narkoba. Ketika ada yang positif memakai, maka akan segera diberikan penanganan lebih lanjut.

“Tes urine ini sengaja kami lakukan pada waktu selesai apel pagi. Tujuannya agar semua personil bisa mengikuti pemeriksaan urine guna deteksi dini penyalahgunaan Narkoba,” terang Wakapolres seusai mengikuti tes urine.

Sementara Kasi Propam Iptu Hanis Siswanto menambahkan, bahwa kegiatan ini juga salah satu program Polda untuk mendeteksi para anggota di seluruh jajaran Polres dan Polsek. Jika ada yang positif memakai, maka pihaknya akan menerapkan sanksi tegas sesuai perintah dari Pimpinan Polri.

“Dalam pemeriksaan urine kali ini dari ke-36 anggota Polres Batu masih belum ditemukan anggota yang urinya positif. Jadi, kami tidak perlu melakukan tindakan disiplin,” ungkap Kasi Propam.IMG-20181012-WA0030Selanjutnya di tempat yang sama, Bagian Sumber Daya (Sumda) Polres Batu bekerjasama dengan Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam), melakukan pemeriksaan terhadap senpi yang dibawa anggota Polres dan Polsek. Satu per satu senjata api diperiksa kelayakan dan kebersihannya serta surat ijinya.

Kabag Sumda Kompol Imam Rofiq, SH mengatakan, pemeriksaan ini bersifat rutin dan berkala dilakukan atas perintah Kapolres Batu. Dalam pemeriksaan kali ini sebanyak 81 buah senpi telah diperiksa kebersihan dan dokumen kelayakanya. Sisanya masih berhalangan dihadirkan dengan alasan dinas dan dijadwalkan akan diperiksa beberapa hari ke depan.

“Pemeriksaan senjata api digelar dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana inventaris atau senjata api itu dijaga dengan baik,” Ucapnya.

Lebih lanjut Imam mengatakan, bahwa dari hasil pemeriksaan terhadap surat izin dan kondisinya senjata api yang dibawa anggota Polres Batu dalam kondisi lengkap dan layak digunakan.

Kasi Propam Polres Batu ikut menambahkan, bahwa pemeriksaan juga ditujukan untuk mengantisipasi penyalahgunaannya. Baik itu senjata api maupun amunisinya.

Oleh sebab itu, personel yang berhak memegang senjata api hanya yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Hal itu guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api oleh anggota. (Ardian)

Facebook Comments