Sabers Pungli Gelar Rembug Agung di Wisata Coban Talun Kota Batu

0
144

BATU, BrataPos.com – Memperingati satu tahun perjalanannya, Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali) menggelar Rembug Agung. Tema yang diusung, melalui pendekatan Lokal untuk menyelesaikan permasalahan Global.

Rembug Agung ini merupakan rangkaian dari Sabers Pungli Brantas Camp yang digelar di wanawisata Coban Talun, Kota Batu, Sabtu (6/10/18) sampai dengan Minggu (7/10/18) Oktober 2018.

Herman Aga, salah satu penggagas Sabers Pungli menuturkan, rembug ini diikuti oleh seluruh kepala desa dan lurah se-Kota Batu.

Mereka, kata dia, fokus pada menginvestigasi problem lingkungan di desa kelurahan masing-masing.

“Dengan melakukan jejaring antar desa kelurahan melalui elemen yang ada di wilayahnya,” kata dia Herman.

Hal yang sama juga diungkapkan Achmad Rifa’i, Selama ini, dalam setiap aksi Sabers Pungli di desa-desa, warga setempat turut terlibat. Diharapkan, warga desa lain mengirimkan wakil atau relawan untuk ikut berpartisipasi.

“Ada komitmen bersama dari masing-masing desa untuk melakukan gerakan Sabers Pungli minimal 2 kali dalam setahun,” tutur Mat Berlin sapaan akrabnya.

Selain Rembug Agung, selama dua hari pelaksanaan Sabers Pungli Brantas Camp, diisi beragam kegiatan. Antaranya Brantas Performing Art, Kenduri Agung Bhakti Brantas, aksi Sabers Pungli, workshop olah sampah, dan diskusi ekologi ‘Memerdekakan Sungai dari Sampah’.

Mat Berlin yang juga aktivis pemerhati lingkungan ini lebih lanjut menjelaskan, kegiatan ini untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem sungai dari hulu hingga hilir, termasuk menggugah kesadaran masyarakat untuk mau menjaga dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Bagi pemerintah, (melalui Sabers Pungli ini) kita memberi masukan atau rekomendasi untuk menjaga dan merawat kelestarian ekologi sungai,” imbuh budayawan yang juga seorang seniman Kota Batu ini. (Ardian)

Facebook Comments