Hindari Bencana Banjir, Saber Pungli Kota Batu Ajak Peduli Kebersihan Sungai Brantas

0
174

BATU BrataPos.com – Hampir setiap pekan,  Sabers Pungli melakukan aksi bersih-bersih sampah di sungai Kota Batu yang menjadi urat nadi kehidupan. Sedikitnya, sudah 50 kali mereka bergerak rutin dengan turun langsung membersihkan sampah di sungai.

Satu tahun perjalanan Sapu Bersih Pungut Sampah di Kali (Saber Pungli) dilaksanakan di Kota Batu. Sejumlah aktivis lingkungan Kota Batu menggelar kegiatan Rembug Agung Bhakti Ekologi di Wana Wisata Coban Talun, Minggu (7/10/18).

Dr. Ir. Dwi Sudarto Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Badan Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Kementerian LH memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan yang sudah berjalan satu tahun tersebut.

“Pemkot Batu dan aktivis lingkungan sudah menginisiasi kegiatan yang bagus. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah,” ujar Dwi sapaan akrabnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan,  bahwa sampah masih menjadi permasalahan di Indonesia. Dalam kurun waktu setahun, bisa mencapai 65 juta ton.

“Ia berharap sebagai hulu Das Brantas, bisa menghilangkan kebiasaan buruk dalam membuang sampah,” sambungnya.

Sementara itu Direktur Utama Jasa Tirta I Raymond Valiant R juga memberikan apresiasi yang sama. Ia mendorong pentingnya edukasi kepada masyarakat dan generasi penerus terkait keberadaan air.

“Kita harus mendidik dan menyadarkan masyarakat bahwa sungai sangat erat dengan keadaan kita. Mata air Sungai Brantas terbesar kedua di Jawa dengan 320 kilo meter,”ujar Raymond. (Ardian)

Facebook Comments