Akibat Kemarau Panjang, Warga Daleman Kendundung Berebut Air Brsih

0
181

SAMPANG, BrataPos.com – Ada beberapa Kecamatan di Kabupaten Sampang, mengalami krisis air bersih akibat dilanda musim kemarau dalam empat bulan terakhir.

Salah satunya kampung Aeng Telor, dusun Kloykoy, Desa Daleman, kecamatan Kedundung  yang mengalami kekeringan. Akibatnya warga terpaksa berebut air bersih ketika ada bantuan datang karena takut tidak kebagian.

Seperti yang terlihat ratusan warga di Desa Daleman, Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang saat air bersih datang mereka langsung menyerbu.

Bantuan air bersih itu datang dari Kepala Desa (Kades) Daleman yakni Hj. Nur Hasanah, Kamis (27/9/2018) pagi. Seketika itu juga warga langsung menyorongkan ember dan jerigen yang sudah disiapkan untuk mendapatkan air.

Setelah mobil tangki yang berisi air bersih tiba ke lokasi, sang sopir tangki dan di bantu oleh staf desa Aliuddin, langsung mengalirkan air bersih ke penampungan.

Terlihat warga terpaksa berebut air bersih karena takut tidak kebagian untuk kebutuhan mandi, memasak, dan mencuci lantaran sumur yang sering warga gunakan semakin sedikit akibat terlalu banyaknya warga yang mengambil di sumur tersebut sampai bahkan untuk mendapatkan air sampai antri selama 10 jam setiap harinya.

“Jika tidak ada bantuan air bersih, ya terpaksa kami antri berjam jam untuk bisa ngambil air di sumur,” kata warga Daleman Hadi. Dia berharap Kepala Desa terus memberikan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mandi dan memasak setiap hari, imbuhnya.IMG-20180927-WA0044Setiap hari warga Daleman untuk mendapatkan air bersih di sumur dengan cara berebut. Bahkan warga dusun Kloykoy terkadang harus adu mulut dan berdesak-desakan di pinggir sumur.

Hal itu terjadi untuk mendapatkan sejerigen air bersih yang akan digunakan buat kebutuhan sehari-hari. Warga pun  rela antri di sumur sampai jam 02.00 dini untuk bisa dapatkan air bersih.

Mistija warga kampung Aeng Telor sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Sampang untuk bisa lebih memperhatikan masyarakat yang desanya di landa kekeringan.

“Saya juga beharap kapada kepala desa Daleman Hj Nur hasanah untuk sering-sering bisa membantu air bersih yang sekarang mengalami kekeringan yang sedang melanda desa yang di pimpinnya,” harapnya. (ryn/hadi)

Facebook Comments