Sungai Brantas Juara 1 Se Indonesia, Komunitas Gelar Refleksi Satu Tahun Saber Pungli

0
232

BATU, BrataPos.com – Memasuki awal musim hujan Oktober mendatang. Saber Pungli (sapu bersih sampah nyemplung kali) Kota Batu adakan aksi. Penggiat lingkungan hidup yang eksis pada (3/9/2017) ini akan mengadakan kegiatan bertajuk, “Refleksi 1 tahun perjalanan Saber Pungli” pada tanggal (6-7/10/2018).

Koordinator pelaksana Herman Ago menjelaskan, kegiatan itu akan dihadiri oleh, Menteri Lingkungan Hidup, Gubernur Jawa timur, Forkopimda Kota Batu dan Dirut Jasa tirta.

Acara nantinya dipusatkan di Wisata Coban Talun Tulungrejo Bumiaji Kota Batu. Selain kegiatan bersih-bersih sampah di kali, giat tersebut akan diisi, ngopi (ngobrol pintar), diskusi ekologi, edukasi, work shop.IMG-20180923-WA0008Herman ikut malu, pasalnya tahun 2018 sungai Brantas terpilih juara 1 se Indonesia sumbang sampah plastik 28.000.000 kg, ke laut lepas (versi majalah geographic indonesia).

Kegiatan ini terlaksana, guna mengetuk kesadaran masyarakat akan bahaya banjir. Batu bisa dilanda banjir sebab luberan air hujan yang tinggi, ketika saluran sungai/selokan terhambat.

“Saat ini yang dilakukan beberapa komunitas yang tergabung Saber Pungli setiap minggunya belum banyak. Tetapi apa yang kami lakukan, mudah-mudahan bisa mengetuk kesadaran masyarakat,” kata Herman, minggu (23/9/2018).

Kesadaran, sambung Herman, dimulai dari diri sendiri untuk mencapai perubahan kearah yang lebih baik dan berimbas positif kepada lingkungan sekitar.

”Semoga dengan upaya yang kita lakukan bersama dengan cara bersinergi, akan menghindarkan kota batu dari bencana,” pungkasnya. (Ardian)

Facebook Comments