Karnaval Syuroan Ternoda, Aksi Seronok Remaja Berseragam SMA Menjadi Viral

0
2295

MALANG, BrataPos.com – Acara kegiatan Karnaval memperingati 1 Muharram 1440 Hijriyah di Desa Pamotan Dampit Kabupaten Malang, minggu (16/9/2018) lalu ternoda.

Pasalnya, kegiatan yang seharusnya bernuansa Islami tersebut ada adegan yang tak terpuji. Adegan yang tak terpuji dilakukan sekelompok remaja, sebagian masih pelajar sehingga menjadi viral, dan mendapat banyak kecaman.

Dalam aksinya, kelompok karnaval  25 remaja tersebut memakai seragam SMA dan menampilkan adegan seronok, muda mudi berpelukan.

Berbagai tokoh masyarakat mengecam aksi yang viral di media sosial itu. Bahkan, banyak nitizen yang mengomentari dengan ucapan “karnaval syuroan terparah”.

Menanggapi aksi itu, Kapolsek Dampit AKP Amung Sri Wulandari SH saat dikonfirmasi melalui Kanit Bhinmas Bripka Anton Sugiyanto SH. MH menjelaskan, bahwa pelaku karnaval tersebut sudah dilakukan pembinaan.

Pihaknya, melakukan kordinasi bersama tiga pilar di balai Desa Pamotan, jum’at (21/9/2018). Dari 25 remaja yang melakukan aksi seronok itu, yang hadir di Balai desa hanya 19 orang.

“Kami bersama tiga pilar hanya melakukan pembinaan. Sebab mereka masih pelajar, dan perlu bimbingan dari orang tua. Mereka datang dari berbagai daerah, Dampit, Turen dan sekitarnya,” terang Anton, minggu (23/9/2018).IMG-20180923-WA0013Saat melaksanakan karnaval, lanjut Anton, Remaja tersebut menenggak minuman keras. Dengan kondisi mabuk, mereka seakan percaya diri tanpa rasa malu. Berselebrasi, diajang karnaval yang seharusnya menampilkan budaya agama Islam.

“Pihak Peserta karnaval mengakui telah melakukan kesalahan dengan melakukan aksi joget yang tidak pantas. Karena, hal itu dilakukan dikhalayak umum dan tidak sesuai Norma adat dan budaya timur. Mereka berjanji tidak akan mengulangi lagi dan dikuatkan dengan surat pernyataan dari orang tua,” tambah Anton.

Sementara itu, Kepala Desa Pamotan Citra Dewi Atmanegara SH, M,Hum sampai berita ini di online kan belum bisa dikonfirmasi Brata Pos. Begitu juga Ketua panitia karnaval Nuryakin. (Ardian)

Facebook Comments