Bulan Muharram, Caleg Berlomba Lomba Memberikan Santunan

0
164

BATU, BrataPos.com – Dalam bulan muhharam ini, semua orang berlomba lomba memberikan santuan, baik pada anak yatim maupun pada janda manula. Amalan itu dilakukan agar kelak bisa mengiringi manusia di alam barzahk, tanpa menunggu hari kiamat.

Hal itu disampaikan Hajjah Ulfah Saroh dalam ceramahnya di Masjid Baitur Rohman Dresel Desa Oro oro ombo Kota Batu. Acara yang dibalut dalam tema Santunan Yatim dan Janda itu dihadiri puluhan  Jamaa’ah tahlil. Santunan diberikan kepada  28 anak yatim dan 90 janda manula.

Kepala Desa Oro oro ombo Wioweko  dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Desa selalu mendukung kegiatan keagamaan dan  sosial. Sebab, hal itu bisa mensinergikan hubungan baik antara pemerintah desa dan masyarakat yang tergabung jama’ah pengajian, katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta uluran tangan para dermawan dan tokoh masyarakat untuk memberikan amal jariyah pada masjid. Agar perawatan masjid tidak hanya mengandalkan dana dari pemerintah.

“Kegiatan ini sangat mulia dan patut dicontoh bagi yang mempunyai rizki lebih. Kalau santunan ini jumlahnya bisa terus bertambah, akan sangat bagus,” ungkapnya, jum’at (21/9/2018).

Hal yang sama juga diungkapkan panitia kegiatan,  Susanti levirika. Menurutnya, kegiatan santunan ini terlaksana berkat solidaritas jama’ah tahlil RW, 8, 9, dan 10 Dusun Dresel Oro oro ombo. Selain keihlasan pribadi, ada beberapa iuran jama’ah yang dipergunakan untuk memberikan santunan.

“Kita semua yang tergabung dalam jama’ah tahlil di sini benar-benar murni kegiatan agama dan sosial. Tidak ada sedikitpun tendesi untuk mempolitisasi kegiatan,” tutur Santi yang maju sebagai caleg dari partai Golkar ini.

Masih kata santi, kegiatan tahlil dilakukan setiap hari kamis setiap pekannya. Dari donasi para jama’ah yang terkumpul, semua orentasinya digunakan untuk kegiatan agama. Tak hanya itu, terkadang iurannya juga digunakan untuk sumbangan kematian dan ibu melahirkan.

“Santunan yang kita berikan terus berlajut dari tahun ke tahun dan jumlahnya juga terus meningkat. Yang pasti, santunannya diberikan saat bulan Muharram,” jelasnya.(Ardian)

Facebook Comments