Perwujudan Pahlawan Ekonomi Dan Pejuang Muda Kota Surabaya

0
54

SURABAYA, BrataPos.com – Program pahlawan ekonomi ini dilatar belakangi oleh permasalahan keluarga yang tergolong miskin, meskipun suaminya sudah bekerja, pahlawan ekonomi sebagai salah satu jalan untuk mengatasi jalannya roda perekonomian keluarga kedua, yaitu ibu atau istri.

Angka kemiskinan Kota Surabaya turun setiap tahun, sebelumnya, rata-rata angka kemiskinan Kota Surabaya berada dalam kisaran angka 7 persen, dalam waktu 7,5 tahun, angka kemiskinan Kota Surabaya tinggal 5 persen.

Seperti yang dilakukukan oleh pahlawan ekonomi Kecamatan Sambikerep pada hari minggu pagi (16/08/2018) mengadakan ROAD SHOW di jalan raya Sawo Bringin Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya.

Acara ROAD SHOW digelar sebagai semangat pahlawan ekonomi dan pejuang muda bertujuhan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah kecamatan Sambikerep, dan acara tersebut dikemas sebagai ajang perlombaan.

Perlombaan yang selenggarakan antara lain Lomba jinggle oleh perwakilan setiap kelurahan, lomba senam bersama, dan lomba mewarnai tingkat paud, semua itu dilakukan agar menumbuhkan tingkat kebersamaan antara ibu anak warga masyarakat, khususnya wilayah Kecamatan Sambikerep.

Menurut ketua paguyupan dan juga ketua panitia pelaksana ROAD SHOW mengatakan, kegiatan road show pahlawan ekonomi dan pejuang muda dilakukan gililiran se-Surabaya dari 31 kecamatan setiap tahun, dan pada tahun ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Sambikerep, katanya.

ROAD SHOW pahlawan ekonomi dan pejuang muda sudah berjalan 8 tahun, dalam prestasi Kecamatan Sambikerep sudah pernah merahi juara 1 (satu) pada tahun 2014 tingkat kota Surabaya, tambahnya.IMG-20180917-WA0001Kenapa kita laksanakan ROAD SHOW dan pelatihan UKM karena kita ingin meningkatkan perekonomian keluarga walaupun tidak berkerja diluar rumah, kita masih dapat penghasilan, sambungnya.

Saya sebagai ketua paguyupan, berharap pemerintah kota Surabaya dapat memberikan pelatihan di setiap kampung atau di tingkat kelurahan, karena bila pemerintah kota memberikan pelatihan dalam satu titik dan titik tersebut terlalu jauh, maka ibu-ibu merasa keberatan dalam mengikuti pelatihan, dan bila pelatihan bisa di lakukan di setiap kampung ataupun di kelurahan, maka ibu-ibu lebih bersemangat untuk mendatangi dan mengikuti pelatihan tersebut, sehingga pelatihan yang diajarkan bisa terserap maksimal, paparnya.

Tri Rismaharini sebagai walikota saat ini mengklaim, satu di antara yang mendorong turunnya angka kemiskinan adalah program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda, sedangkan anggota dengan penghasilan rendah hanya 18 persen, sementara menengah dan tinggi terus meningkat.

Program Pahlawan Ekonomi adalah program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah bagi warga Surabaya berupa pelatihan dan pendampingan usaha.

Begitupun Pejuanga muda yang merupakan program pemberdayaan yang dikhususkan pengusaha muda yang baru terjun di dunia usaha. (Bnd)

Facebook Comments