Kades Dadapan, Santuni Anak Yatim Dan Fakir Miskin

0
50

NGAWI, BrataPos.com – Bulan Suro sebagai awal tahun Jawa, bagi masyarakat juga disebut bulan yang sangat sakral karena dianggap bulan yang suci atau bulan untuk melakukan peruntungan, bertafakur, berintrospeksi, serta mendekatkan diri kepada gusti allah SWT.

Di bulan Muharram atau bulan Suro tidak dilewatkan begitu saja oleh Kades Dadapan, salah satunya adalah menyantuni anak yatim. Kegiatan tersebut adalah salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Anak-anak yatim tentunya adalah mereka yang sudah tidak memiliki ayah, padahal ia masih membutuhkan sosok dan nafkah dari sang Ayah. Untuk itu, Rasulullah memberikan contoh pada umat islam untuk mengasih anak yatim.

Seperti yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Dadapan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Gelar acara santunan anak yatim piatu, fakir miskin, kaum duafa, dan janda yang diselenggarakan Minggu, (16/9/2018) di rumah (kades) tepatnya di Desa Dadapan.

Acara tersebut sudah menjadi program rutinitas bagi warga dan Kades Dadapan. Pasalnya setiap bulan Suro mengadakan santunan anak yatim.

“Namun tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya Kades mengundang sekitar 300 anak yatim piatu, fakir miskin jompo, janda jompok tidak hanya dari Kecamatan Kendal melainkan dari berbagai kecamatan, seperti Kecamatan Jogorogo, Kecamatan Ngrabe, Kecamatan Sine ada juga Kecamatan Paron,” kata Suadi selaku Kades.IMG-20180916-WA0016Rangkaian acara santunan Anak yatim diawali dengan pembukaan kedua tawasul kepada Allah SWT. Setelah pembukaan lalu dilanjutkan dengan tahlil dan doa bersama pada Nabi Muhammad SAW dan kepada para leluhur.

Usai tahlil dan doa bersama dilanjut dengan mukodimah yang disampaika oleh kiyai dari Sidolaju Gendingan Ngawi yakni kiyai H. Abbdul Azis. Akhir acara seluruh jamaah memanjatkan doa, lalu berakhirnya acara ramah tamah gemburuh. (zainal)

Facebook Comments