Polres Batu Bertekad Tingkatkan Pelayanan Publik Yang Humanis Dan Ramah

0
176

BATU, BrataPos.com – Profesionalisme, layanan publik yang ramah dan humanis terus digalakkan dilingkungan Polres Batu. Hal itu didasari atas rujukan Peraturan Kemen PAN dan RB RI Nomor 16 Tahun 2017, tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP) di lingkungan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Demi terwujudnya program itu, Polres Batu menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dilaksanakan dengan model Fokus Grup Diskusi di Rupatama Jum’at, (14/09/2018).

Forum Konsultasi Publik menghadirkan narasumber DR. H. Slamet Mukhsin, M.Si (Kepala Tenaga Ahli Kebijakan Pembangunan dan Manajemen Pelayanan Publik Universitas Islam Malang).

Hadir pula, Kepala KPP RRI Malang Dra. Teguh Yuli Astuti, MM, Pejabat Pemkot Batu, Civitas akademika YPPII Batu, LSM Gerak Kota Batu, Media dan Netizen Kota Batu.

Dalam Forum Konsultasi Publik tersebut telah dilaksanakan kegiatan Fokus Grup Diskusi. Bentuknya, melalui kegiatan tatap muka, pertemuan semi formal dengan metode diskusi. Selain itu, sosialisasi juga dilakukan melalui media sosial, talk show radio, televisi, juga melalui aplikasi Apel Batu.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, dalam sambutannya mengatakan, sebagai kewajiban penyelenggara layanan publik, Polres Batu selalu  melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) ini, bertujuan menjawab kebutuhan layanan  masyarakat yang prima.

“Perlahan namun pasti, pelayanan Polres Batu semakin baik. Buktinya, setahun terakhir ini, survei dari lembaga external Indeks kepuasan masyarakat tentang layanan kami naik,” terang Buher bangga.

Meski begitu Buher sapaan akrabnya menyadari masih banyak kekurangnya dalam hal pelayanan di Polres Batu. Dengan begitu, dirinya berjanji akan berupaya memperbaiki pelayanan dengan membangun opini dan edukasi yang positif pada masyarakat. Harapannya, pelayanan pada masyarakat dapat dilakukan secara maksimal.

“Forum Konsultasi Publik ini menjadi salah satu cara untuk menemukan solusi bagi peningkatan pelayanan publik Polres Batu. Masukan dan ide-ide berharga sangat kita harapkan, untuk peningkatan pelayanan prima,” harap mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta selatan yang akrab dengan Wartawan ini.

Lebih lanjut Kapolres berharap, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini bukan hanya memenuhi “syarat” instansi pelayanan publik  saja. Namun, hasil dari forum ini dapat dilaksanakan dan berguna bagi sarana partisipasi masyarakat demi  kebaikan pelayanan pada Polres Batu, tutup kapolres. (Ardian)

Facebook Comments