Pemerintah Desa Hargosari Optimalkan Pembangunan Fisik Desa

0
26

NGAWI, BrataPos.com – Menurut narasumber Karyanto, selaku Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Hargosari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi mengatakan kepada Wartawan Brata pos di Ruang kerjanya, tentang pembangunan Talut Penahan Tanah (TPT) di wilayah Dun Polo RT05 RW02 Dengan Volume : 36,5 M. Sumber dana dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 97.494.000.

“Begitu juga di dusun Salam RT02 RW03 ini di bangun dengan Volume : 47 m yang menyerap Anggaran sebesar Rp.51.196.000,- Dari Dana Desa (DD) Tahun 2018,” katanya.

Lanjut Karyanto didampingi Tim Teknis Rismawan Andrianto, ST menyampaikan terkait yang mengerjakan proyek tersebut sudah sesuai dengan Juknis, Petunjuk Teknis Padat Karya Tunai (PKT) yaitu sasarannya harus warga setempat dinyatakan dengan foto copy KTP, Laki-laki dan perempuan berusia 15 tahun dibuktikan oleh Foto copy KTP, 2).

Penduduk desa setempat dibuktikan oleh Foto copy KTP, 3). Penganggur dan setengah penganggur dibuktikan dengan daftar penganggur langsung dari RT dan RW, 4). Anggota keluarga miskin, dibuktikan dengan masuk data BKKBN sebagai Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera I (KS-I), 5).

Anggota keluarga yang memiliki gizi buruk, dibuktikan dengan daftar keluarga yang memiliki balita bergizi buruk tiap RT dan RW. Dengan tujuan mewujudkan pemberdayaan perekonomian masyarakat yang dibawah garis kemiskinan dengan Hak Upah Kerja, yaitu tukang Rp. 80.000,- per hari dan pekerja Rp. 70.000,- per hari.

“Sehingga mereka mendapat tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, minimal meringankan beban mereka untuk biaya sehari-hari.“ tegasnya.IMG-20180906-WA0023Perangkat Desa HARGOSARI, Marsono yang kini menjabat sebagai PLH Desa Hargosari pada saat dikonfirmasi oleh Wartawan Brata pos di ruang kerjanya, Marsono membenarkan, terkait keterangan yang disampaikan oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD).

Memang sudah sesuai dengan prosedur Dari mulai awal Musrenbangdes, Muscam, Muskab prioritasnya adalah jalan infrastruktur sesuai dengan perencanaan awal yang telah disepakati, disetujui hasil Musyawarah tingkat Desa, dan salah satunya TPT di Dusun polo RT05 RW02 Dan Dusun Salam Rt.02/03 ini termasuk Talut untuk menahan bahu jalan, karena di desa kami adalah desa rawan longsor, ungkap Marsono.

Lanjut Marsono menambahkan, Ketika ditanya tentang harapan kedepan untuk kemajuan desanya yang menjadi desa berpotensi, Ia menjawab yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (peningkatan perekonomian masyarakat) melalui, bidang pertanian, perdagangan, karena sebagian besar masyarakat Desa Hargosari bekerja sebagai petani dan pedagang.

Maka akan saya optimalkan untuk irigasi / saluran air agar para petani padi maupun sayur mayur tidak kekurangan air di musim kemarau, sehingga bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Maka dengan itu, sekarang di desa HARGOSARI sudah ada embung untuk mengairi lahan pertanian. dan saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah maupun Pusat yang telah mengucurkan dana untuk membangun sarana dan prasarana bidang pertanian, dan bidang infrastruktur di desa kami, kami wujudkan semaksimal mungkin,“ pungkas Perangkat Desa Hargosari. (04/09/18)(Antox/zainal)

Facebook Comments