DPRD Hasil PAW Harus Bisa Kembalikan Kepercayaan Publik Kota Malang

0
163

MALANG, BrataPos.com – Pasca ditetapkannya tersangka oleh KPK perihal kasus suap P-APBD tahun 2015. publik Kota Malang mulai tidak percaya dengan DPRD. Baik secara individu maupun kelembagaan. Warga menilai selama ini DPRD tidak mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat. Mereka justru menjadi ‘perampok’ uang rakyat.

Hal itu disampaikan oleh kordinator Malang Coruption Wacth M. fahrudin. Menurutnya, Partai Politik adalah lembaga yang patut dipersalahkan atas tsunami korupsi di Kota Malang.

Partai politik telah gagal dalam melakukan kaderisasi dan membangun integritas anggotanya yang duduk di DPRD. Selain itu, ada dugaan partai politik ikut terlibat mambangun sistem demokrasi yang Korup dan manipulatif.

“PAW menjadi pilihan logis untuk menyelesaikan kemungkinan stagnasi penyelenggaraan pemerintahan di Kota Malang. Meskipun hal tersebut  tidak dapat memberi jaminan kelak  Anggota DPRD Kota tidak melakukan Korupsi,” terangnya.

Masih menurut Fahrudin, pelantikan Anggota DPRD baru hasil PAW hari senin (10/9/2018) memiliki dua dimensi. Pertama, dimensi Pesimisme. Artinya, anggota DPRD baru hasil PAW tidak akan membawa perubahan, hanya untuk memenuhi Quorum saja. Kedua, dimensi Optimisme, semangat pemberantasan korupsi dibangun diatas pijakan optimisme.

Dengan adanya kejadian ini, Warga Kota Malang harus lebih proaktif untuk mengawasi wakilnya. Diharapkan terus mendorong agar DPRD dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

“Kami akan mendesak KPK melalui Deputi bidang pencegahan melakukan supervisi terhadap DPRD Kota Malang. Partai Politik harus berani melakukan pembenahan besar-besaran. Baik individu, atau secara kelembagaan. Terutama terkait dengan program dan keuangan,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap, saat penjaringan CALEG harus mengutamakan nilai-nilai anti korupsi. Kemudian, secara intens melakukan pengawasan dan penilain terhadap kinerja anggotanya.

Hasilnya secara rutin disampaikan secara terbuka kepada Publik. Yang terpenting DPRD hasil PAW harus mampu mengembalikan kepercayaan public. (Ardian)

Facebook Comments