Pemerintah Desa Macanan, Bangun Jalan Poros Pemukiman Dan Jalan Poros Antar Dusun Bersama Warga

0
60

NGAWI, BrataPos.com – Ketua TPK (Tim Pelaksanaan Kegiatan) bidang pembangunan Sugiman yang didampingi Siswondo sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Desa Macanan giat memaksimalkan membangun disejumlah titik yang ada di wilayah Desa Macanan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi.

mereka memprioritaskan membangun jalan poros antar Dusun, lingkungan warga jalan poros desa dan Gedung pendidikan (TK). Menurut Siswondo dan Sugiman pembangunan jalan ini dibangun sesuai prosedur dari tahap demi tahap, salah satunya musyawarah desa (musren bangdes) menjadi prioritas nomer satu musyawarah kecamatan (musren bangcam). Sehingga menjadi prioritas utama.

“Menurut mereka wilayah yang sasaran pembangunan jalan paping RT 01 RW 01 Dusun Jumog, dengan volume 3,8 x 120 m menelan biaya RP.97.651.600,- sumber anggaran DD tahun 2018. Dua rabat jalan Dusun Sanan dengan volume 178x3x0,12,” kata mereka.

Selanjutnya kata mereka, jalan rabat RT 01 RW 04 Dusun Ngijo dengan volume 178x3x0.12, paping jalan poros antar Dusun RT (02,05,06,07) RW 02 Dusun Pondok, kelima paping jalan poros RT 01 RW 04 dan RT 02 RW 03 Dusun Ngijo Sanan dengan volume 3,8×3,45 meter, ke enam Gedung TK RT 02 Rw 2 Dusun Pondok dengan volume 7,5×12 meter menelan anggaran RP.120.000.000,- sumber anggaran DD.

“Ini kami kerjakan bersama masyarakat (warga desa) yang seperti bapak lihat langsung pria yang sudah tua maupun muda ikut serta membangun desanya dengan cara bergotong royong bareng-bareng,” kata mereka.IMG-20180906-WA0013 Kenapa kok bisa mas Warga mu nyengkuyung gebyug rame-rame? pertanyaan wartawan Brata pos (zainal). Siswondo menjawab” iya mas.

kami sebelum pelaksanaan kegiatan ini dimulai maka pemerintah desa Macanan mengadakan musyawarah tingkat (RT) dan lingkungan tingkat Dusun yang dihadiri oleh warga dusun itu sendiri, terkait pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.

Apik e piye iso jadi desa terbaik (bagusnya bagaimana bisa menjadi desa yang terbaik). Akhirnya warga sepakat untuk membangun desanya bersama-sama di lingkungan masing-masing.

untuk mewujudkan impian warganya. yaitu impian Desa yang maju, aman, nyaman, rukun, selalu membina membudayakan kerukunan, kekompakan, dan kebersamaan lebih utama saling menghargai dan menghormati sesama.

Dalam rangka mewujudkan pembangunan Desa yang baik dan maju. Kami mendapat amanah dari pemerintah untuk membangun desanya. Antara lain prioritas utama embung penampung air, irigasi, saluran air ke lahan pertanian, jalan infrastruktur, jalan poros antar dusun, jalan poros antar desa, jalan poros antar permukiman warga, jalan poros perekonomian warga, sarana dan prasana membangun gedung pendidikan (gedung TK).

Ini semua pembangunan amanah dari pemerintah pusat kementrian RI, tentang desa tertinggal dan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi. Sumber dana berasal dari negara, yaitu dana (APBN) Anggaran Pendapatan Belanja Negara Juga dana daerah kabupaten. Dana Alokasi Desa (ADD) dan dana desa (DD).

Jadi kami yang punya modal tenaga, mengajak dan menghimbau keseluruh warga Macanan untuk punya roso rumongso sepakat membangun desa bersama-sama bergotong royong diusahakan satu makna satu komando untuk mewujudkan terciptanya Desa Macanan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi menjadi desa yang terbaik, ungkap Siswondo didampingi ketua TPKnya Sugiman dilokasi.

Ketika disinggung oleh wartawan Brata pos terkait Juknis padat karya tunai permendes sasarannya apa mas? Siswondo pun menjawab didampingi ketua TPK Sugiman. “Ya mas, kami sesuaikan prosedur sesuaikan (juknis) padat karya tunai, sasarannya yaitu.

Pertama anggota keluarga miskin dibuktikan dengan foto copy KTP juga keterangan RT dan RW, kedua pengangguran dan setengah pengangguran berumur 15 tahun laki-laki maupun perempuan sesuai keterangan dari RT dan RW yang ketiga anggota keluarga yang punya gizi buruk, batita maupun balita disesuaiakan dengan daftar keterangan dari desa setempat.IMG-20180906-WA0012 Tidak hanya itu pemerintah desa juga masyarakat yang ada di wilayah lokasi pembangunan (proyek) dan dibuktikan daftar pengangguran, setengah pengangguran keterangan dari RT dan RW juga anggota keluarga miskin dengan dibuktikan masuk daftar BKKBN sebagai keluarga pra sejahtera (pra-KS) dan keluarga sejahtera (KS-1) dengan tujuan masyarakat kami yang kurang mampu mendapat penghasilan untuk biaya hidup sehari hari, tegas Siswondo dan Ketua TPK.

Atas nama Kepala desa Macanan Sekertaris desa Macanan Zaenuri membenarkan apa yang disampaikan oleh (TIMLAK) tim pelaksanaan kegiatan desa bidang fisik dan perencanaan desa Siswondo. Hal itu sudah benar sesuai dengan prosedur, kami berharap semua lembaga dan instansi ikut serta membantu kami khususnya desa macanan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara terutama warga masyarakat.

Desa Macanan berharap tidak mengurangi adanya situasi kondisi yang ada di desa Macanan, warga kami tetap semangat bersatu bersama bergotong royong seperti yang bapak lihat untuk membangun desanya yang lebih baik “tegas (PLH) pelaksana harian desa Macanan Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi Zaenuri kepada wartawan Brata pos di tempat kerjanya. Kemarin (28/08/18) (zainal)

Facebook Comments