Wow, 300 Ribu Personil TNI – Polri Malang, Berjoget Famire Pecahkan Rekor Muri

0
190

MALANG, BrataPos.com – Luar biasa, itulah kata yang pantas diucapkan atas sinergitas anggota TNI dari tiga matra dan Polri di malang. Antusias itu ditunjukkan saat mereka berjoget Gemu Fa Mi Re di lapangan Rampal Kota Malang (4/9/2018).

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memecahkan Rekor Muri yang diikuti oleh 300.000 lebih personel dari anggota TNI, jajaran Korem 083/BDJ dan Polri Malang Raya. Tak ketinggalan. Para ASN dan persatuan istri tentara (Persit) ikut berjoget ria.

Komandan Korem 083/BDJ Kolonel Bagus Suryadi Tayo selaku motor dari kegiatan ini mengatakan, bahwa Tari Ge Mu Famire ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Prajurit Korem 083/BDJ beserta jajarannya, 3 Matra dan Polri.

“Acara ini diadakam dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 secara serentak di seluruh Indonesia, yang dipusatkan di lapangan rampal Kota Malang. Semuanya kompak dan menyatu untuk memecahkan rekor Muri,” jelas Bagus.

Ditempat yamg sama, Komandan Kodim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad SIP ikut menimpali, kegiatan Tari Ge Mu Famire ini secara serentak diadakan di 3 Zona Waktu di Indonesia. Pesertanya terbanyak dan serentak di seluruh wilayah nusantara.

“Semoga dengan kegiatan ini, semakin memupuk rasa kecintaan budaya leluhur yang kita banggakan. Saling menjaga persatuan, kesatuan dan kekompakan diantara TNI dan Polri,” terang Ferry yang dekat dengan wartawan ini.

Sekedar diketaui, Tarian Gemu Famire, berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur. Lagunya diciptakan oleh Frans Cornelis Dian Bunda atau dikenal dengan Nyong Franco.

Tujuan penciptaan lagu ini sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Maumere. Arti harafiah dari Gemu Famire sendiri merupakan ungkapan jenaka dari nenek moyang di sana, yaitu “makan not fa mi re,”. (Ardian)

Facebook Comments