Begini Terobosan Polres Batu Untuk Tingkatkan Layanan Publik

0
187

BATU, BrataPos.com – Mendasari Peraturan Kemen PAN dan RB RI Nomor 16 Tahun 2017, tentang Pedoman Penyelenggaraan layanan publik. Polres Batu melaksanakan Rapat Internal Kesiapan Forum Konsultasi Publik (FKP), Selasa, (04/09/2018) di Rupatama Polres Batu.

Sebagai kewajiban penyelenggara pelayanan publik untuk melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat. Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP), bisa menjawab tantangan sebagian dari warga masyarakat. Karenanya,  seringkali masyarakat malas ketika hendak mengurus administrasi kependudukan, mengurus KTP di Desa/Kelurahan.

Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi, SIM di Kantor Polisi, perpanjangan STNK di Kantor Samsat dan sebagainya. Keruwetan prosedur masih ditambah dengan kurang ramahnya petugas pelayanan publik.

Kapolres Batu AKBP. Budi Hermanto dalam pernyataannya mengatakan, dalam setahun terakhir, pelayanan publik sudah cukup membaik. Penilaian itu, seiring dengan naiknya Indeks kepuasan Masyarakat  dari lembaga eksternal. Perpanjangan SIM tidak lebih dari 2 jam, serta biaya yang transparan tidak ada tambahan biaya, ktanya.

Peningkatan pelayanan publik oleh Polri harus direspon dengan baik oleh Polda Jatim dan jajarannya. Karena Polres adalah ujung tombak pelayanan publik. Polres juga sebagai garda depan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Dalam rapat internal kesiapan Forum Konsultasi Publik tersebut telah disusun rencana kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD). Bentuk kegiatannya berupa tatap muka, semi formal dengan metode diskusi. Kegiatan FKP melalui media sosial, talk show radio, televisi maupun melalui aplikasi Apel Batu,” ungkap Budi.

Masih lanjut Budi, Forum Konsultasi Publik ini menjadi salah satu cara untuk menemukan solusi bagi peningkatan layanan Polres Batu. Peningkatan Indeks Kepuasan, akan mendapatkan masukan dan ide berharga untuk peningkatan pelayanan prima. Forum Konsultasi Publik ini bukan hanya sebagai “syarat” instansi pelayanan publik saja. Lebih dari itu, hasil dari forum ini dapat meningkatkan pelayanan di Polres Batu. (Ardian)

Facebook Comments