Sakral, Hari Jadi Ke 190 Tahun, Desa Torongrejo Junrejo Kota Batu

0
220

BATU, BrataPos.com – Lestarikan budaya, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, memperingati hari jadinya yang ke 190 tahun. Desa dengan jumlah penduduk lebih kurang 6.400 jiwa dengan luas wilayah 4.106 km mengadakan kegiatan 4 hari berturut turut.

Minggu malam (3/9/18, acara diisi dengan pengajian akbar dan istiqgosah. Senin siang hingga malam, langgam jawa (tayub). Selasa, dimeriahkan ludruk persada. Rabu siang kesenian sanduk, malam hari kesenian Bantengan.

Menurut Kepala Desa Torongrejo, Sugeng Santoso Wijoyo, rangkaian bersih desa diawali hajatan ditempat pesarean punden Watu Ganden, makam Mbah Tunggul Wulung. Hal itu sangat diyakini warga desa selaku bedah kerawang. Selain itu, pesarean Mbah Irro, Depok Kramat, juga sebagai orang pertama yang ada di desa Torongrejo.

“Kami berusaha menjaga dan merawat serta¬† melestarikan Dusun Tutup, Krajan Torongrejo. Namun ritual tersebut, dipusatkan di Punden Batu Ganten,” terangnya.

Sugeng juga mengisahkan, pesarean Siti Saben juwed Srigati, alias Rondo Kuning, yang keberadaannya ada di Puncak Gunung Wukir, dan Mbah Suryo, juga diyakini sebagai leluhur desa. Jadi tempat pesarehan mereka juga menjadi sasaran ritual para warga desa.

“Kegiatan ini sangat penting karena bentuk sujud syukur kepada Allah. Saya juga mengucapkan tetima kasih kepada para leluhur¬† yang telah berjuang untuk desa ini. Perjuangan beliau sangat luar biasa, sebagai bedah kerawang desa. Semoga mereka diberikan tempat yang layak, sesuai amal dan ibadahnya,” ungkapnya.

Dia juga berharap, masyarakat turut berperan aktif mendukung perangkat desa dalam membangun desa. Kedepannya, DesaTorongrejo bisa lebih aman, tertib, selamat dan bahagia. (Ardian)

Facebook Comments