Bangun Pavingisasi, Untuk Mendongkrak Perekonomian Masyarakat Pulerejo

0
45

MADIUN, BrataPos.com – Setiap pemerintahan desa mempunyai program yang berbeda-beda. Misalnya seperti Desa Pulerejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun benar-benar memanfaatkan dana desa tahun 2018 untuk pembangunan infrastruktur. Kali ini sebagian dana tersebut dialokasikan pembangunan jalan paving, tujuannya guna memperlancar aktivitas masyarakat.

Sunarto, SE selaku Kepala Desa (Kades) Pulerejo ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pembangunan jalan paving ini dinilai akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, dibanding dengan beberapa spesifikasi pembangunan jalan lainnya.

“Sedangkan untuk anggarannya jumlahnya Rp.125 juta dan lebar 193 x 2.60 meter. Pekerjaan ini dengan swakelola masyarakat dengan ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Lani,” katanya.

Berdasarkan hasil musyawarah desa lanjut Sunarto, masyarakat kita (desa red) menginginkan agar dibuatkan jalan paving. Alasannya karena dapat bertahan lama dan pemeliharaannya mudah.

“Dalam pekerjaan ini kami melibatkan peran serta masyarakat untuk berpartisipasi membantu proses pembangunan tersebut. alasanya, karena masyarakat dapat langsung mengawasi setiap pekerjaan yang berlangsung,” bebernya.

Kami terus melakukan pembenahan baik sarana dan prasarana desa yang utamanya melakukan pavingisasi jalan poros desa dan proyek yang lain. Kami melibatkan lanhsung warga masyarakat dalam pekerjaannya.

“Ini kita lakukan, agar semua proses pembangunan dapat berjalan secara transparan. Keterlibatan masyarakat tentunya dapat menanamkan rasa memiliki terhadap apapun jenis pembangunan yang ada di desa ini,” sambungnya.

Dengan dikerjakannya pavingisasi jalan poros desa ini diharapkan bisa meperlancar akses hasil pertanian sehingga berdapak kemajuan baik secara ekonomi, kesehatan maupun pendidikan, terang Sunarto Kades setempat.

Sementara itu Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Lani mengungkapkan bahwa, pelaksanaan proyek paving ini swakelola warga masyarakat setempat, mereka digaji sesuai dengan layaknya tukang dan kuli, ungkapnya. (suwarno)

Facebook Comments