Masa Kampanye Oktober, MPR Berharap Hindari Politik Identitas

0
174

BATU, BrataPos.com – Masa Kampanye  Pilpres dan Pileg baru akan  dilaksanakan 13 oktober 2018 – 13 April 2019 mendatang, namun kontelasi politik sudah memanas. Wakil ketua MPR RI DR. Mahyudin menghimbau pelaksanaan demokrasi pilpres 2019 tidak menganggu rasa persatuan bangsa Indonesia. Sehingga harus dihindari politik identitas, SARA yang kini menjadi isu hangat dan dikhawatirkan memicu konflik di tengah masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Mahyudin kepada Brata Pos disela sela acara sosialisasi empat pilar MPR RI di gedung PKN-IPS Pendem Batu, selasa (28/08/2018).

Menurutnya, politik identitas sangat berbahaya dan bisa memicu konflik antar golongan suku, ras, dan agama, yang tak lagi kedepankan nilai-nilai pancasila. Semua itu tersirat dalam sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa” yang didalamnya terkandung makna perlunya sikap toleransi.

“Saat ini kan belum waktunya kampanye, jadi sama-sama menjaga lah. Jangan belum belum sudah serang sana sini,” ungkapnya.

Dirinya tak menampik, banyaknya isu  hoax dan fitnah yang bertebaran di medsos. karena banyak pihak yang tidak taat aturan jadwal kampanye.

“Meski hastag 2019 ganti presiden menurut Bawaslu bukan bagian dari kampanye. Tetapi semua kan tahu, itu menyerang kandidat lain,” sindirnya.

Untuk itu dia mengharapkan, agar Bawaslu lebih cermat dalam melihat dinamika politik yang terus memanas jelang pilpres. Kampanye itu pada dasarnya mengajak untuk memilih salah satu calon, bukan malah memojokkan calon lain. Dan itu bisa dikatagorikan sebagai kampanye terselubung.

“Saya sangat percaya rakyat Indonesia itu sudah dewasa dalam berpolitik. Namun kalau terus begitu, ada potensi rakyat diadu domba oleh pihak asing,” imbuh politisi partai Golkar ini.

Masih menurut Mahyudin, masyarakat Indonesia itu pluralisme,  seharusnya aktor politik dapat membangun komunikasi politik yang lebih mengarah pada edukasi. Dengan begitu, masyarakat dalam melawan politik identitas, bisa memilih dan memilah secara damai. (Ardian)

Facebook Comments