Bripka Anton, Alumni Magister Hukum Mahir BerDa’i

by
IMG_20180816_192600

MALANG, BrataPos.com – Perawakannya tegap, ucapannya ramah pada siapapun yang ditemui, itulah sosok Bripka Anton Sugiyanto., SH.MH. Seorang Polisi sekaligus Da’i yang bertugas di Polsek Dampit Polres Malang.  Selain dikenal dengan ketegasannya dalam menjalankan tugas, warga Dampit dan sekitarnya mengenal Anton sebagai polisi yang pandai berdakwah.

Tak heran, dengan kepribadiannya ini, Anton menjadi panutan. Dengan begitu dirinya mudah mensosialisasikan program 77 Unggulan Kapolres Malang. Tak pelak, siswa SD hingga SMA di Dampit mengakui bahwa Anton adalah sosok penegak hukum yang bisa dibanggakan.

Semua itu dilalui Anton tidak dengan mudah, tetapi melalui perjuangan yang benar-benar dari bawah. Setelah lulus dari Pondok Pesantren Ihya’ Ulumuddin Banyuwangi, dia masuk Secaba Polri.

Sembilan bulan digembleng di Pendidikan di SPN ( Sekolah Polisi Negara) di Mojokerto, membuat Anton semakin matang. Kini, pria 36 tahun ini menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Dampit. Selain Sebagai Kanit Binmas, dia juga sebagai Babinkamtibmas Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit.

Pendidikan di Pondok Pesantren terus melekat dirinya dalam keseharian. Terbukti, Anton berhasil menyabet gelar juara Khutbah tingkat Polres Malang yang diselenggarakan tahun 2017 silam. Tak hanya itu, Lulusan Magister Hukum Islam ini juga menjadi juara kedua lomba Kamtibmas tingkat Polres Malang.

Prestasi itu mendapat pujian dari Hadi, Tokoh Pemuda Dampit. Menurutnya, apa yang dilakukan Anton adalah satu dari sekian profil Anggota Polri yang dekat dengan masyarakat. Selain sering memberikan tausiyah kepada anggota Polsek Dampit, Anton juga sering mengisi ceramah beberapa acara di wilayah Dampit.

“Orangnya baik, periang bisa jadi panutan. Pak Anton juga selalu hadir bila ada kegiatan di kampung,” terang Hadi.

Ditempat terpisah, Anton terkesan malu malu saat dihubungi media. Dirinya sebenarnya tidak ingin dipublikasikan yang berlebihan.

“Sebagai Anggota Polri, selalu dituntut untuk bisa memberikan hal hal yang positif. Salah satunya melalui ceramah yang saya sampaikan. Semoga hal itu bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan warga sekitar,” pungkas Anton. ( Ha/Ardian)

Facebook Comments