Sebar Foto Bugil Gadis SMP, Lelaki Balongpanggang Divonis 1,6 Tahun Dibui

0
486

Gresik, BrataPos.com – Dunia sosial media (sosmed) memang wadah menunjukkan eksistensi yang diminati masyarakat dari berbagai lapisan. Seharusnya dengan adanya dunia sosial media itu digunakan sesuai kebutuhan dan sesuai aturan. Pasalnya bila disalahgunakan hukum yang berbicara.

Seperti pria yang satu ini, harus menerima pahitnya dibalik jeruji besi penjara. Kemarin, (2/8/18) akibat perbuatannya terdakwa Agus Wiyono (27) yang menyebarkan foto bugil gadis SMP asal Kecamatan Menganti ke media sosial facebook harus duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

Pemuda asal Dusun Gridijaya, RT 5/RW 1, Desa Pacu, Kecamatan Balongpanggang itu disidang dengan agenda sidang putusan yang di gelar di ruang Tirta PN Gresik, dengan ketua majelis hakim Putu Gede Hariadi dan Jaksa Penuntut Umum Aries.

Dalam amar putusannya hakim berkeyakinan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 45 ayat 1 juncto pasal 27 ayat 1 UU ITE. Sebelum divonis hakim beberkan kelakuan terdakwa. Pria berbadan gemuk itu mendapatkan foto dari korban melalui Instagram. Awalnya, terdakwa menggunakan akun palsu dan berpura-pura bernama Dimas. Dimas sendiri adalah teman Gendut.IMG-20180802-WA0032Dimas adalah pacar korban, sehingga korban pun percaya dengan akun abal-abal itu. Terdakwa pun leluasa mengelabuhi korban. Lalu terdakwa meminta foto telanjang kepada korban untuk membuktikan jika dirinya benar-benar sayang.

“Perbuatan terdakwa meresahkan korban. Mengadili menjatuhi pidana selama 1 tahun 6 bulan denda 20 juta subsider 3 bulan kurungan,” cetus ketua hakim.

Usai dibacakan amar putusannya sebelum ketuk palu, hakim terbih dahulu meminta pada terdakwa. Apakah putusan ini mau diterima, pikir-pikir atau banding tanya hakim. Terdakwa pun menerima atas putusan hakim, saya terima pak hakim, timpal terdakwa.

Hakim pun meminta pada JPU Aries, saudara Jaksa bagaimana tanggapannya tentang vonis ini, Jaksa dengan lantang menyatakan, pikir-pikir yang mulia, kata Jaksa. Dengan begitu vonis hakim belum berkekuatan hukum atau inkrah.

Kasus yang menyeret warga Balongpanggang itu, berawal dari penyebaran foto telanjang. Foto gadis telanjang itu menjadi buah bibir di facebook. Teman korban banyak yang komentar. Ada yang menasehati, ada juga yang membuli. Orang tua korban yang mengetahui akhirnya melaporkan ke polisi. (jml)

Facebook Comments