Fantastik, PADes Tulungrejo Bumiaji Terbesar Se-Kota Batu

0
346

Batu, BrataPos.com – Sempat disorot miring terkait pembangunan Rest area, ternyata PADes Tulungrejo terbanyak. Pendapatan Asli Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Rp.450 juta per tahun. Capaian itu tidak diraih dengan mudah, butuh kerja keras dan displin.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Tulungrejo yaitu Suliono. Disela-sela acara pemantapan, menurutnya penerapan disiplin itu penting dalam memimpin desanya. Selain itu, dibutuhkan konsep manajerial layaknya memimpin sebuah perusahaan.

“Pendapatan itu tergantung ramai sepinya pengunjung obyek wisata Selekta. Karna, Desa Tulungrejo mempunyai saham di wisata tersebut,” tandasnya.

Lanjut Suliono, Desa Tulungrejo terdapat dua obyek Wisata yang terkenal, Selekta dan Coban Talun. Ditengah dua obyek itu akan dibangun Rest Area dengan luas 4800 M2. Saat ini pembangunannya sudah berjalan.

“Pengelolaan Rest Area akan ditangani oleh Bumdes (badan usaha milik Desa). Jadi warga sekitar hanya titip dagangan pada desa, Nanti yang mengelola tetap desa. Hal itu untuk menghindari monopoli usaha dari kalangan tertentu. Biar ada pemerataan lah,” terangnya.

Dirinya juga menambahkan, potensi alam Tulurengrejo yang indah sering mendapat Godaan dari investor. Namun semua itu ditolak oleh Suliono.

“Ada beberapa investor yang menawarkan kerja sama dengan desa. Bentuknya dengan pengelolaan tanah kas desa untuk dijadikan wisata. Tapi saya menolak, biarlah tanah bengkok desa menjadi hak perangkat. Toh, PADes kita sudah besar dan cukup. Yang paling penting, bagaimana caranya ekonomi warga bisa meningkat,” tutup Suliono. (Ardian)

Facebook Comments