Destana Forum Taruna Bhakti Desa Sine Kec. Sine, Gelar Lomba Simulasi Evakuasi Korban Bencana

0
56
?

Ngawi, Brata Pos. com,-. Ketua Destana Forum Taruna Bhakti Desa Sine, “Marsono” menggelar lomba simulasi evakuasi penanggulangan korban bencana alam (BNPB) di Desa Sine, tanggal 25 Juli 2018. Acara ini diikuti peserta kurang lebih 100 orang, terdiri dari anggota Destana dan ada juga dari warga Desa Sine yang tergabung di Destana Forum Taruna Bhakti yang dipimpin oleh Ketua Destana, Marsono. Sedangkan materi lomba simulasi tersebut, adalah salah satunya evakuasi korban bencana tanah longsor, bencana kebakaran, bencana angin puting beliung, bencana gempa bumi, bencana banjir, dan sosialisasi tentang bencana alam kepada warga setempat untuk penanggulangan bencana Desa Tanggap Bencana (Destana).

Menurut Marsono selaku ketua Destana mengatakan kepada Wartawan Brata Pos usai kegiatan lomba, “Lembaga kami mengundang narasumber dari Dinas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Propinsi Jatim, Bapak Misdarno yang didampingi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi. Program ini bertujuan untuk pembinaan masyarakat dalam rangka desa tanggap bencana alam.” katanya.

?

Bapak Misdarno selaku Tim BNPB dari Propinsi sebagai narasumber mengatakan, “Tujuan utama adalah pembinaan masyarakat dalam penanggulangan bencana alam dan masyarakat kita tingkatkan kapasitasnya tentang penanggulangan bencana, karena yang terdampak adalah masyarakat itu sendiri. Maka dengan itu untuk kedepannya masyarakat Desa Sine harus mempertahankan kerukunan kebersamaan membina kekompakan untuk bela negara, artinya, desa tanggap bencana ini diartikan seluruh warga meningkatkan kewaspadaan saling memberikan informasi apa yang akan terjadi bencana harus segera mencegah dan bekerjasama dengan Destana, BPBD dan BNPB.” ujar Bapak Misdarno.

Bapak Misdarno menambahkan,”Dan kalau dilihat potensinya masyarakat Desa Sine sangat kompak dan antusias, namun harus ada peningkatan, utamanya bagi yang belum mengikuti sosilisasi karena tugas utama Destana (Desa Tanggap Bencana) agar Forum Taruna Bhakti mengembangkan anggota khususnya di Kecamatan Sine, mereka ikhlas berkorban demi keselamatan warganya khususnya di daerah rawan bencana, seperti, Desa Pandansari, Desa Wonosari, Desa Hargosari dan Desa Pocol. Untuk itu Forum Taruna Bhakti harus mensosialisasikan kepada warga desa yang rawan bencana, karena itu tugas utama pengembangan Destana Taruna Bhakti Desa Sine,” tegas Bapak Misdarno kepada Wartawan Brata Pos usai kegiatan.

Kepala Desa Sine Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, Jumadi selaku pelindung Destana Taruna Bhakti sangat mendukung adanya kegiatan lomba simulasi dan evakuasi bencana alam yang diselenggarakan Destana Taruna Bhakti Desa Sine yang dihadiri oleh BNPB dan BPBD Kabupaten Ngawi, melalui Forum Destana Taruna Bhakti, saya berharap lebih meningkatkan mutu kewaspadaan apa yang disampaikan oleh narasumber dari beliau Bapak Misdarno, kami sangat berterima kasih karena warga kami telah diberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk dirinya dan bermanfaat untuk seluruh warga khususnya Desa Sine, umumnya di Kabupaten Ngawi,” tegas Kepala Desa Sine, Jumadi. (Anto)

Facebook Comments