Korban Pelebaran Jalan Semarang Histeris

0
119

Surabaya, BrataPos.com – Akan Dilakukan Pelebaran Jalan, 11 Bangunan Semi Permanen di Jalan Semarang Dibongkar. Rabu pagi (25/07/18) oleh petugas gabungan Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, dan kepolisian.

11 bangunan tersebut merupakan tempat warga untuk usaha jualan etalase kaca aluminum yang menjadi mata pencaharian turun menurun sejak 60 tahun yang lalu.

Pembongkaran dilakukan karena bangunan berada di ruang milik jalan (rumija) yang akan dilakukan pelebaran.

Pembongkaran telah disampaikan sejak Maret lalu, namun saat itu pemilik kios meminta pembatalan, mereka berharap masih dapat menggunakan kios walaupun lebar lahannya dikurangi.

Pemilik kios selama ini membayar sewa pada Pemkot Surabaya mulai Rp 500 hingga mencapai Rp 1 juta, menyesuaikan luasan lahan yang ditempati.IMG_20180726_055918Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Surabaya, Bagus Supriyadi mengatakan penertiban yang dilakukan sudah sesuai prosedural, Meski warga mengatakan dulunya menyewa pada Pemkot Surabaya, namun sudah terhenti sejak 2010, katanya.

Selain berada di rumija, sewa lahan ke pemkot sudah melewati batas atau habis sejak 2012 lalu,” jelasnya.

Menurut salah satu korban penggusuran yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kita tetap akan meminta kembali hak para pedagang, kerena tempat ini sudah menjadi hak kami, katanya dengan nada kesal. (Bnd)

Facebook Comments