Kades Sembayat, Segera Duduk Dikursi Pesakitan Pengadilan

0
737

Gresik, BrataPos.com – Kasus Korupsi yang menyeret Kepala Desa (Kades) Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Saudji akhirnya dilimpahkan atau tahap II dari penyidik Kejaksaan. Tak lama dengan pelimpahan ini segera di sidangkan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

Saat keluar dari ruang penyidik yang dikawal petugas menuju mobil milik Kejaksaan untuk dibawa ke Rutan Kelas II.B Gresik (Rutan Cerme). Purnawiran Polri ini tampak mengenakan rompi tahanan kejaksaan berwarna oranye. Sementara kedua tangan tersangka diborgol tampak ditutupi (26/7/18).

Kasi Pidsus Andrie Dwi Subianto melalui kasi Intel Kejaksaan Negeri Gresik, Marjuki mengatakan pihaknya menerima pelimpahan atau tahap II dari penyidik Kejaksaan Negeri Gresik dengan tersangka Kepala Desa (Kades) Sembayat, Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, Saudji agar segera dilaksanakan persidangan.

“Tidak ada keterangan tambahan, namun tersangka ini ada etikad baik mengembalikan uang negara sementara 75 juta. Namun rencananya sisa uang 100 juta akan dikembalikan secepatnya. Dalam minggu ini tersangka segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor di Surabaya agar segera disidangkan. Tersangka ini dikenakan pasal 2 ke 3 undang-undang tipikor,” jelasnya.IMG-20180726-WA0027Sementara Adi Sutrisno Penasehat Hukum (PH) tersangka mengatakan, ini sudah tahap II minggu depan akan dilakukan persidangan. Dalam kasus ini klein kami korban, pasalnya klein kami selaku pengawas. Seharusnya yang tanggung jawab itu Bendaharanya selaku pelaksana, katanya.

Kasus korupsi yang menyeret Saudji ini terkait kasus korupsi APBDes tahun 2016. Ada beberapa kegiatan yang tidak sesuai spesifikasinya. Dari hasil audit oleh tim ahli dari Inspektorat dan Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Gresik, diketahui bahwa nilai kerugian negara atas kasus korupsi ini sebesar Rp 175.774.000. (jml)

Facebook Comments