Kejari Batu Ajak Pelajar Taat Hukum, Adakan Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA

0
140

Kota Batu, Bratapos.com – Hari Adhyaksa ke 58 kali ini terasa istimewa. Kamis (19/7/18) Kejaksaan Negeri Batu mengadakan lomba Cerdas cermat tingkat SMA se Kota Batu. Ada 13 sekolah Swasta maupun Negeri mengirimkan wakilnya, satu sekolah terdiri 3 siswa.

Kegiatan itu tak lepas dari ide kreatif Kepala Kejari Batu Nur Chusniah. Semenjak memimpin Korp Adhyaksa Batu, wanita yang pernah menjadi penyidik KPK selama 9 tahun ini kerap menuai pujian.

Humas Kejaksaan Negeri Batu Maharani SH. menjelaskan, bahwa acara ini sengaja mengundang Siswa Siswi SMA sederajat se kota Batu. “SMA itu kan sudah dewasa, jadi mereka biar lebih mengerti tentang dasar dasar hukum. Kalau sudah mengerti tentang hukum, paling tidak mereka akan menerapkan disiplin di sekolah, maupun di rumah,” jelas Maharani.

Masih menurut dia, Cerdas cermat kali ini materinya tentang Profil Kejaksaan, Tindak Pidana Narkotika, Bullying, Informasi dan transaksi elektronik. Dalam babak penyisihan, akan diambil 3 sekolah untuk melaju ke babak final,” terang dia.

Sementara, SMK Negeri 3 mengirimkan wakilnya dua siswi dan satu siswa mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Mimin Guru bidang study PKN, lomba ini sangat bagus untuk memberi pemahaman hukum pada anak didiknya.

“Sangat bagus, kalau bisa lomba cerdas cermat bisa berkelanjutan. Karena materi cerdas cermat ini juga bagian dari mata pelajaran PKN. Walau timnya kalah, tapi Mimin tetap bangga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar progam Jaksa
masuk sekolah akan menjadi program rutin kejaksaan, untuk memberi penyuluhan hukum ke sekolah sekolah. Seperti diketaui, pemenang cerdas cermat kali ini adalah SMK Kesehatan Amanah, runer up diraih SMK N 1, juara 3 MAN Batu. (Ardian)

Facebook Comments