Pilkades Serentak 2019, Terobosan Besar DPRD Batu, Demi Efisensi Biaya

0
381

Kota Batu, Bratapos.com – Wacana Pilihan Kepala Desa serentak semakin menyeruak ke permukaan. Sesuai Visi misi Walikota Batu Dewanti Rumpoko, dengan Desa berdaya Kota berjaya nampaknya bisa terwujud. Dengan tata kelola yang baik pada Desa sebagai ujung tombak ditingkat bawah.

Untuk itu, Perlu adanya terobosan baru tentang Pilkades serentak. Karena dengan
Pilkades serentak, bisa menghasilkan pengelolaan Desa yang baik, pola pembangunan Desa strategi pemberdayaan masyarakat Desa, serta peningkatan perekonomian Desa.

Pandangan itu disampaikan oleh Sudiono, Anggota Komisi A DPRD Kota Batu. “Dia berharap Pilkades serentak bisa dilaksanakan 2019, Sehingga tidak mengganggu tahapan Pemilu mendatang,” terangnya.

Masih menurutnya, wacana tentang pilkades serentak tahun 2018 sebaiknya ditunda dulu. Karena kondisi politik saat ini tidak memungkinkan. Saat ini, semua masih fokus mengikuti tahapan persiapan pelaksanaan Pemilu. Demi menjaga kondusivitas politik warga Kota Batu, sebaiknya Pilkades serentak dilaksanakan 2019 setelah Pemilu,” pinta Sudiono Senin malam (9/7/18).

Karena, jika Pilkades serentak diadakan tahun ini, ada banyak faktor hambatannya. Mulai dari biaya Pilkades serentak 2018 yang belum dianggarkan. “Kemudian Regulasi yang mengatur tentang Pilkades serentak masih dalam bahasan Dewan.
Oleh karena itu, demi efesiensi, efektifitas, sebaiknya pilkades serentak dikota Batu dilaksanakan 2019. Karena bila diadakan tahun ini, hanya ada 3 Desa, tapi jika diadakan tahun depan, maka jumlahnya mencapai 14 Desa,” katanya.

Saat ini, ada beberapa Desa yang masih dijabat oleh Kepala Desa sementara. Jadi, jika Pilkades serentak diadakan tahun depan, Pejabat sementaranya bisa mempersiapkan penataan RKP DES ( rencana kegiatan pembangunan desa), APBDES (anggaran pendapatan & belanja desa) tahun anggaran 2019. Sehingga konsentrasinya tidak terpecah dan kerjanya bisa maksimal. “Dengan begitu, nantinya bisa menghasilkan Kepala Desa yang benar-benar sesuai pilahan warganya,” harapnya. (Ardian)

Facebook Comments