Satpol PP Batu Libatkan TNI-Polri, Untuk tertibkan PKL Alun Alun

0
178

Kota Batu, Bratapos.com – Toleransi tiga hari yang dikeluarkan Satpol PP Batu untuk menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun tak hanya sebagai gertakan sambal. Setelah diberitakan miring oleh beberapa media Terbukti, Satuan penegak Perda ini, mendatangi (PKL) di seputaran kawasan Alun-alun Kota Batu. Mereka para PKL dihimbau agar tak lagi berjualan di seputaran Alun-alun.

Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Batu, Yopi Supriadi mengatakan, surat peringatan tersebut diberikan sebagai upaya sosialisasi. Sebab, saat ini dia mengaku banyak mendapat laporan dari wisatawan dan masyarakat Kota Batu bahwasanya jumlah PKL di Alun-alun Kota Batu terus bertambah dan meningkat pesat.

“Kami bakal terus memantau perkembangan PKL, terutama pada malam hari yang semakin meriah (banyak PKL). Bahkan keberadaan trotoar di sepanjang ruas jalan di Kota Batu saat ini dipenuhi dengan PKL,” kata Yopi, Minggu (8/7/18)

Lanjut dia, jika dalam waktu tiga hari (sabtu (7/8/18) masa toleransi berakhir, para PKL tidak menggubris surat peringatan tersebut, maka Pemkot Batu telah menyiapkan tim gabungan. Semua unsur akan diterjunkan, di back up TNI-Polri, untuk melakukan oprasi penertiban PKL. Hal itu dilakukan, agar kawasan Alun-alun Kota Batu agar bersih dan steril dari PKL.

“Keberadaan PKL yang berjualan ini sudah memakan badan jalan hingga trotoar. Bahkan, mereka membagi dua lokasi di sepanjang jalan trotoar. Jelas ini sudah melanggar peraturan dan menganggu para wisatawan yang berkunjung. Peraturannya kan sudah jelas, bahwasanya setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki (trotoar), dan alat pengamanan Pengguna Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta rupiah),” terangnya dengan tegas. (Ardian)

Facebook Comments