Begini Cara Kantor Kemenag Kota Malang Berbagi Dengan Fakir Miskin

0
401

Malang, Bratapos.com – Upaya membangkitkan kesadaran saling berbagi juga dimaksudkan agar kita tidak tergolong kepada orang yang mendustakan agama ( Q.s. Al-Ma’un: 1-3). Karena sesungguhnya rizki yang kita dapatkan adalah hak anak yatim dan fakir miskin.

Atas pedoman ayat itu, Kantor Kemenag Kota Malang (31/05/18) mengadakan buka puasa bersama dan santunan kepada 60 anak yatim serta 153 dhu’afa. Penggalangan dana itu atas inisiatif dan kesadaran kepala kantor beserta seluruh staf Kemenag Kota Malang.

Kepala Kantor Kemenag Dr. moh Zaini.MM, mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar momentum bulan suci Romadhon untuk mengasah jiwa sosial, serta membantu meringankan beban antar sesama.

“Santunan itu berupa uang tunai sebesar 500 ribu, untuk 60 anak yatim dan 153 dhu’afa. Jadi totalnya 213 santunan yang kita berikan,” kata Zaini di sela-sela acara buka bersama.

Sementara Kasi Binmas Kemenag Kota Malang yang juga sebagai Ketua Panitia Drs. Moh Rosyad. Msi menambahkan, kegiatan ini dikemas secara sederhana. Karena pada dasarnya panitia lebih memfokuskan santunannya berupa uang tunai.

“Uang itu sangat relevan untuk memenui kebutuhan, dibandingkan santunan berupa barang. Apalagi saat ini menjelang lebaran. Selain itu kegiatan ini juga sebagai wahana mempererat tali ukuwah diantara ASN Kantor Kemenag Kota Malang,” jelasnya.

Ketika disinggung apa program Kemenag yang baru, pria yang baru 10 hari pindah dari Kantor Kemenag Kota Batu ini mengakatan, saat ini Akte Cerai dan Surat Nikah sudah Online. Semua itu bertujuan untuk menanggulangi maraknya surat nikah palsu dan akte cerai palsu.

“Kalau akte cerai sekarang sudah Online antara Pengadilan Agama dan Kantor Kemenag. Jadi tinggal tekan nomor registernya, bisa ketahuan terdaftar di Pengadilan Agama atau tidak,” sambungnya.

Sementara kalau surat nikah, saat pengajuan nikah, harus mencantumkan nomer induk kependudukan (NIK). Hal itu untuk memudahkan status calon mempelai, sehingga sinkron dengan data base Dispenduk,” pungkasnya. (Ardian)

Facebook Comments