Beberapa Destinasi Wisata Di Kota Batu, Berikan Discount Di Bulan Suci Ramadhan

0
69

Kota Batu, Bratapos.com – Memasuki bulan Ramadhan animo Wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu (KWB) menurun sampai 30 persen. Kondisi itu ditanggapi secara dingin oleh, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono. Dirinya mengakui menurunnya  para wisatawan ke Kota Batu sesuatu hal yang sangat lumrah.

Pasalnya, penurunan wisatawan dari berapa persen itu sudah diantisipasi dan disiasati oleh pengelola beberapa destinasi wisata. Tak heran memang beberapa pengelola biasanya memberikan fee diskon tiket masuk 30 sampai 40 persen alias banting harga.

“Strategi seperti ini dilakukan dalam rangka bulan puasa. Jadi tidak ada kekawatiran atas penurunan dari sisi pendapatan,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata, Imam Suryono, Senin (21/5/18).

Capaian itu tetap saja memberikan sumbangsih tinggi pada perekonomian Kota Batu. Imam Suryono mengakui, kalau dihitung rata-rata, setiap tahunnya wisatawan yang datang ke Kota Wisata Batu, telah melebihi target.

“Misalnya Tahun 2016, target semula hanya 3,4 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Tapi diluar dugaan hasilnya malah mencapai 3,9 juta wisatawan. Sedangkan ditahun 2017, targetnya hanya 4,2  juta wisatawan, namun hasilnya melampaui target, sehingga mencapai 4,7 juta wisatawan,” terangnya.

Untuk itu, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Wisata Batu, setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu tak lepas dari kiat serta strategi pemasaran yang telah dilakukan selama ini.

“Setiap tahunnya pasti melebihi target yang sudah ditentukan. Artinya terobosan dalam pemasaran, tetap harus digalakkan. Dengan melakukan event, baik didalam maupun di luar. Selain itu, menjalin kerjasama model kemitraan dengan pihak ketiga terus berkesinambungan. Seperti halnya dengan media cetak, maupun media online,” ungkapnya.

Dengan kiat kiat seperti itu, dia meyakini bakal terus bertahan dan akan selalu bertambah para wisatawan yang hijrah ke Kota Wisata  Batu. Dengan harapan, kunjungan wisatawan ditahun mendatang semakin bertambah.

“Target yang akan datang mudah-mudahan mencapai 5,3 juta wisatawan yang berbondong bondong ke Kota Wisata Batu tahun depan. Hal itu sangat realistis, mengingat Kota Wisata Batu terus bersolek demi menggaet Wisatawan Domestik maupun Mancanegara. (Ardian)

Facebook Comments