Sekolah Di Kota Batu Harus Bersih Dari Pungli

0
52

Kota Batu, Bratapos.com – Sesuai amanah UUD 1945, pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah. Dalam rangka menjewantahkan itu, dunia pendidikan se Kota Batu bisa bebas dari Pungutan Liar ( Pungli).

Seperti tekat Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPPL)  Saber Pungli, Kota Batu yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan dan Inspektorat Kota Batu, melakukan sosialisasi di Kantor Among Tani Pemkot Batu.

Sosialisasi yang melibatkan dari beberapa elemen terkait itu, tujuannya agar dunia pendidikan di Kota Batu, bersih dari Pungutan Liar (Pungli).

Menurut Kepala Unit Pidana Khusus (Kanit Pidsus) Polres Batu, Iptu Yossi Purwanto mengatakan, sosialisasi tersebut dengan tujuan agar tidak ada lagi Pungli di sekolah se Kota Batu. Sosialisasinya yakni tentang larangan Pungli disekolah, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Dirinya juga menghimbau agar pihak sekolah benar benar taat dengan aturan itu.

“Berdasarkan Permendikbud No 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah yang mengatur tentang sumbangan yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan. Hal itu sangat jelas tertuang didalam pasal 10.” katanya.

Selain itu, lanjut Yossi, beda antara sumbangan dan pungutan. Kalau sumbangan tidak ditentukan jumlah dan batas waktunya. Namun kalau pungutan, ada batas waktunya.

“Dan jumlahnya ditentukan serta memaksa. Jadi harus cernat dalam menyikapinya,” terang perwira pertama Unit Tipikor Polres Batu ini. (12/05/18).

Untuk itu harapannya, dengan diadakan sosialisasi tersebut, tujuannya tidak ada lagi Pungli di tubuh dunia pendidikan se Kota Batu. (Ardian)

Facebook Comments