Pidato Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI,Dibacakan PLH Bupati Pamekasan

0
98

PAMEKASAN,Bratapos.com – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018 pemerintah kabupaten pamekasan melakukan upacara di Lapangan Negara Bhakti Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Rabu (02/04/2018).

Upacara peringatan Hardiknas kali ini dihadiri oleh PLh Bupati Pamekasan, Ketua DPRD Pamekasan, Waka Polres Pamekasan, Danramil Kota, OPD Pamekasan, anggota TNI- POLRI dan beberapa siswa selaku peserta upacara, dengan mengambil tema kali ini ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’.

PLh Bupati Pamekasan Moh. Alwi dalam sambutannya sempat membacakan kutipan pidato mentri pendidikan dan kebudayaan RI.

“Bahwasanya tanggal 2 mei sudah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahirnya tokoh pendidikan di Indonesia yaitu, Raden Mas Swardi Surya Diningrat yang lebih dikenal dengan sebutan Kihajar Dewantara,” terangnya.

“Dalam peringatan Hardiknas kali ini, kita mengambil tema ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’, dengan tema tersebut marilah kita jadikan ini sebagai momentum dalam mempererat hubungan antara Pendidikan dan Kebudayaan,” ucapnya.

Dalam UU System Pendidikan Nasional tahun 2003, Bab 1 Pasal 1 Ayat 2 disebutkan bahwa pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Sedangkan Kebudayaan Nasional merupakan akar dari Pendidikan Nasional, disinilah terjadinya titik temu antara Pendidikan dan Kebudayaaan, jika Kebudayaan Nasional menghunjam kuat didalam tanah tumpah darah Indonesia maka akan tumbuh subur dan kuat bangunan pendidikan di Indonesia,” paparnya.

Diapun berharap kepada insan pendidikan dan kebudayaan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, untuk berkomitmen dan terus berikhtiar dalam membangun pendidikan yang disinari oleh kebudayaan Nasional.

Usai upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, PLh Bupati Pamekasan bersama Ketua DPRD, Kepala Dinas Pendidikan memberikan piala kepada para siswa yang berprestasi secara bergiliran.

(Anton)

Facebook Comments