Pagelaran Wayang Kulit Di Ruwat Desa Keterungan Krian, Sebagai Kesenian Jawa

0
107
Sidoarjo,  Bratapos.com  Tepatnya pada hari Minggu tanggal 29/04/2018 pukul 21.00 WIB, pemerintah desa katerungan di suguhkan Pagelaran WAYANG KULIT sebagai acara RUWAT DESA yang dilaksanakan di Ds. Keterungan Krian Kab. Sidoarjo, menampilkan cerita BAGONG JADI RATU dengan DALANG KI DIDIK  dari Desa Dawar blandong Mojokerto begitu meriah dan sukaria oleh MASYARAKAT WARGA DS.KETERUNGAN KEC. KRIAN KAB. SIDOARJO.
Adapun sebelum pagelaran WAYANG KULIT Pimpinan KI DIDIK dari dawar blandong  mojokerto dilaksanakan,  didahului atau diawali  dengan penampilan CAMPUR SARI juga satu paket dengan wayang dihadiri masyarakat kurang lebih 350 orang Desa. Keterungan begitu antusiasnya warga, khususnya kaum muda berlomba-lomba menyumbangkan suara emasya tak ketingalan dari baik PANITIA, KARANG TARUNA, PERANGKAT DESA maupun warga Masyarakat setempat.
IMG-20180502-WA0014
Luar biasa memang pagelaran WAYANG KULIT dilaksanakan dalam rangka RUWAT DESA atau RESIK DESO di Desa. KETERUNGAN begitu kompak  antara FORPIMKA tingkat pedesaan ( BABINSA dan BABINKABTIBMAS ) bersama masyarakat Desa. Keterungan bersama masyarakat dalam menjaga keamanan mulai awal hingga akhir dalam keadaan kondusif.
Memang melestarikan budaya jawa,sama halnya kita ikut berjuang berperang menumbuhkan jiwa nasinalisme terhadap bangsa dan negara secara sosial di masyarakat yang era modern sekarang ini, khususnya Gamelan WAYANG KULIT terkikis dan  hampir pudar di tengah-tengah maraknya globalisasi dan pasar bebas yang mencekram nilai-nilai luhur budaya pancasila dan adat-istiadat masyarakat jawa itu sendiri.
IMG-20180502-WA0016
“Rek ayo rek masyarakat Jawa Timur khususnya warga Desa. Keterungan ayo podo rame-rame mengembalikan budaya dan adat-istiadat jawa timur kembali jaya seperti sedia kalau Kalau bukan kita siapa lagi yg peduli”
Anak anak generasi muda jangan mau ketinggalan, Kutitipkan bangsa dan negara kepadamu melalui estafet generasi perjuangan kepemudaan secara ikhlas demi kejayaan bangsa dan Negara Aamiin….. ( CAN / Aul )
Facebook Comments