Abaikan undang undang RI proyek jalan terus

0
264

SURABAYA, bratapos. com – Pekerjaan Saluran (Lebar pedestrian 3 m) di Jalan HR Muhammad sisi Selatan, jum’at(27/4/18) lalu hingga berita ini ditayangkan, dalam pekerjaannya tersebut terkesan janggal karena tidak diketahui siapa yang mengerjakannya, dan menghabiskan anggaran berapa?.

Diduga pekerjaan tersebut ‘bodong’, tidak adanya papan nama proyek, menurut peraturan presiden peletakan papan nama proyek wajib sesuai dengan (Perpres) Nomor 70 tahun 2012 dan Kepres Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, karena itu merupakan kepentingan publik yang sesuai dengan undang undang RI nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi dengan pasal 15 huruf(d).

IMG-20180427-WA0000
Dari Perpres tersebut mewajibkan semua pekerjaan proyek yang dibiayai negara diwajibkan untuk memasang papan nama, sejak awal pekerjaan sampai akhir pekerjaan, Itu sebagai bentuk patuh terhadap Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 15 Huruf (d).

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya segera menegur rekananan, serta memberikan sanksi tegas terhadap rekanan sengaja tidak pasang papan nama proyek tersebut.

Selain itu, papan nama merupakan salah satu bagian dari implementasi penerapan anggaran berbasis kenerja. Salah satu implementasi tersebut adalah memberikan keterbukaan terhadap publik soal perjalanan pelaksanaan proyek tersebut, baik dari sisi perencanaan, realisasi anggaran sampai evaluasi pekerjaan.(bnd)

Facebook Comments