Desa Sidokumpul Lestarikan Tradisi

0
215

Lamongan, Bratapos.com – Tradisi sedekah bumi merupakan kegiatan yang sudah ada sejak jaman nenek moyang atau bisa di sebut sebagai kegiatan yang dilakukan secara turun menurun.

Seperti salah satu desa yang ada di Kecamatan Sukorame, Kabupaten Lamongan adalah desa Sidokumpul yang dipimpin oleh kepala desa Samut yang masih menjaga dan melestarikan tradisi tersebut.

Tradisi sedekah bumi di desa tersebut berlangsung pada hari jumat pahing 27-april-2018. Semua masyarakat berduyun-duyun membawa berkat (beberapa jenis makanan) kerumah kades tersebut sebagai simbol kebersamaan dan doa bersama.IMG-20180427-WA0013Dalam doa tersebut dipimpin oleh modin atau sesepuh desa tersebut dengan harapan kepada yang maha kuasa agar supaya masyarakat selalu dilimpahkan nikmat dan hidayahnya.

Desa Sidokumpul terdiri dari 4 dusun. Dan setiap dusun menyajikan bentuk hiburan masing-masing setiap dusun guna menghibur masyarakat.

Adapun beberapa dusun tersebut adalah Dusun Palombo dengan hiburan ludruk, dusun Jedung hiburan kesenian kuda lumping, dusun Samben hiburan ludruk Dan dusun Lampean dengan hiburan kesenian tayub

“Saya berterimaksh kepada elemen masyarakat desa Sidokumpul dan pemerintahan desa, karena dengan antusias mereka tradisi sedekah bumi berjalan dengan lancar dan semarak” ujar Samut sebagai Kepala Desa Sidokumpul

Kades samut juga berharap kepada masyarakat agar supaya terus melestarikan tradisi sedekah bumi, yang bertujuan langsung untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga kekompakan di masyarakat, agar terciptanya kesejahteraan di masyarakat” ucapnya.

Facebook Comments