Kesenian Pecut Samandiman dan Jaranan Ramaikan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nganjuk Ke. 1081

0
88
Nganjuk, Brata Pos. Kesenian pecut samandiman dan jaranan merupakan kesenian tradisional ada di Kabupaten Nganjuk, yang keberadaan dari hari kehari semakin dicintai oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kediri.
Setiap pementasannya selalu dibanjiri oleh penonton yang sangat antusias menyaksikan tarian tersebut yang diiringi oleh merdunya alunan musik gamelan.
Saat ini penggemarnya sangat banyak dari semua kalangan pria maupun wanita tua, muda bahkan anak kecil pun sudah mengenal kesenian ini.
Setiap ada acara apapun kesenian tersebut tidak pernah ketinggalan pementasannya, baik itu acara formal maupun nonformal seperti sunatan, pernikahan bahkan acara sebesar Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nganjuk selalu menampilkan kesenian tersebut.
Menurut DR. Luqman M.Pd selaku pemerhati kesenian tradisional, pihaknya berharap para remaja dan anak-anak generasi penerus juga ikut melestarikan kesenian tradisional ini agar tidak tenggelam dan tersisih oleh kebudayaan asing yang merajalela dan kesenian pecut samandiman dan jaranan tetap berjaya di negeri kita sendiri. (Abdul Sofyan)
Facebook Comments