Gubernur Jawa Timur, Berikan Penghargaan Ke Bupati Gresik

0
96

Gresik, Bratapos.com – Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto menerima penghargaan pelaporan Aksi Terpadu Penanganan Konflik sosial tingkat Kabupaten Kota se-Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diterima Bupati dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat Upacara apel siaga HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68  dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-56 tahun 2018 Jawa Timur, Senin (19/3/2018). Upacara apel siaga HUT Satpol PP dan Satlinmas di Jawa Timur tahun ini terpusat di Halaman Kantor Bupati Gresik.

Selain Kabupaten Gresik, ada dua Kabupaten lain yang ikut menerima penghargaan serupa yaitu Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Situbondo. Penghargaan lain yang diterimakan Gubernur yaitu Penghargaan Satya Lencana Karya, Satya yaitu piagam kesetiaan kepada anggota Satol PP yang telah setia bertugas selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Pada upacara apel ini diikuti oleh 250 orang undangan dan sekitar 1800 orang pasukan yang tersusun dalam 52 pleton. Nampak terlihat unsur TNI, Polri juga ikut berpartisipasi dalam apel siaga kali ini.

Selain Bupati dan Walikota se-Jawa Timur, Anggota Forkopimda Gresik hadir juga Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin dan Kasdam V / Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iryansyah.  DSC_0275Dalam Sambutan saat menjadi Inspektur Upacara, Pak De Karwo (Sebutan beliau) yang membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri mengingatkan, agar dalam menjalankan tugas menjaga dan melindungi masyarakat, Satpol PP dan Satlinmas harus tetap berpedoman pada aturan yang ada.

Pedoman yang dimaksud,  Peraturan Mendagri No 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada  Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

“Oleh sebab itu, saya meminta kepada Gubernur agar mengkoordinasikan Bupati, Walikota di daerah masing-masing untuk mengambil langkah-langkah antisipasi,” ujar Gubernur menegaskan sambutan Mendagri.

Gubernur juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dan dedikasi tinggi personil Satpol PP dan Satlinmas. “Inilah semangat korps yang harus terus menerus kita tumbuh kembangkan bersama, walaupun berbeda budaya dan daerah tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu sebagai garda terdepan di daerah dalam menegakkan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat,” ucapnya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama pemerintah saya mengucapkan selamat ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan selamat ulang tahun yang ke-56 Satuan Perlindungan Masyarakat, saya haturkan rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dan Satuan Polisi Pamong Praja atas pengabdiannya dalam mengemban tugas-tugas dan memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram, dan aman kepada masyarakat,” imbuhnya.

Usai membacakan sambutan Mendagri, Gubernur juga mengingatkan kembali akan Keamanan dan pilkada damai di Jawa Timur adalah harga mati. “Tolong Kepada Satpol PP dan Linmas, agar semua permasalahan yang ada harus berhenti dan selesai di Satpol PP dan Linmas. Untuk itu anda harus selalu berkoordinasi dengan Polri dan TNI. Camat juga harus menyelesaikan semua permasalahan di wilayah teritorialnya” tegas Soekarwo.

Usai pelaksanaan upacara, pada kesempatan itu juga dilaksanakan lomba parade dan defile. Keluar sebagai Pemenang adalah barisan kelompok satpol PP Kabupaten Madiun, Satpol PP Kota Madiun dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo. Juara favorit diraih oleh Satpol PP Kabupaten Jember. (humas/jml)

 

Facebook Comments