Tipu Satu Miliar, Oknum Pejabat Menpora Dituntut Hukuman Setimpal

0
151

Gresik, Bratapos.com – Beginilah jadinya bila seorang oknum PNS bekerja tidak sesuai dengan tupoksinya, apa lagi sampai menipu orang sampai miliaran rupiah. Seperti halnya oknum pejabat menteri pemudah dan olah raga (menpora) eselon IX yang menjabat sebagai kasi, hidup kesehariannya dibalik pahitnya jeruji besi penjara. Namun oknum menpora itu tidak sendirian yang melakukan penipuan, dia ditemani yang mengaku sang direktur PT Putra Ratu Mahkota pemenang lelang wisma atlet

Oknum pejabat menpora itu terdakwa Joko Siswoyuono (53) warga Jakarta dan terdakwa Ramlan Junaidi seorang swasta warga jawa barat. satu persatu setiap lembaran secara bergantian Jaksa Syarif dan Jaksa Hadi membacakan amar tuntutannya. Dihadapan ketua majelis hakim Putu Mahendra, Terdakwa Joko mengaku pada korban Roni sang direktur PT Cakrindo yang beralamat Jl raya Kepatihan Menganti Gresik rekanan ditunjuk sebagai ketua promo kerja (pokja) dan pengadaan barang di kantor menpora.

DSC_0507Saat itu Roni Wijaya (korban) dijanjikan kerja sama dengan para terdakwa, namun janji itu meleset. Hari demi hari korban berupaya menanyakan pada para terdakwa, namu hanya janji palsu yang didapat. Dari situlah korban merasa ditipu oleh para terdakkwa, sehingga korban melaporkan ke polsek menganti pada bulan Juni 2017.

“Menyatakan para terdakwa Joko Siswoyuono dan Ramlan Junaidi berkeyakinan telah terbukti secara sah melanggar pasal 378 Jo 55 ayat (1) ke 1 hukum pidana menjatuhi hukuman selama 3,6 tahun 6 penjara,” cetusnya Senin, (12/2/2018) di Pengadilan Negeri (PN) Gresik di ruang Tirta.

Ketua majelis hakim Putu Mahendra memberi kesempatan pada para terdakwa untuk konsultasi pada Penasehat Hukum (PH) terdakwa Oktavianus Rasubala atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syarif dan Hadi. Berselang beberapa menit para terdakwa minta pada ketua majlis hakim untuk mengajukan pledoi (nota pembelaan).

Sembari mengetuk palu, ketua majelis hakim tunda siding pecan depan dengan agenda pledoi (nota pembelaan) dari para terdakwa. (mal)

Facebook Comments